Sukses

Hore, Layanan YouTube Bisa Diakses Kembali

Liputan6.com, Jakarta - Layanan YouTube sudah bisa diakses kembali setelah sebelumnya YouTube down. Tumbangnya layanan YouTube berlangsung cukup singkat pada Senin (15/12/2020).

Pihak YouTube sendiri sebelumnya mengatakan, langsung melakukan perbaikan layanan.

YouTube memperbaiki layanan setelah mendapati banyaknya keluhan bahwa laman berbagi video itu tidak dapat diakses sama sekali baik lewat PC maupun smartphone.

Tidak butuh waktu lama, layanan berbagi video milik Google ini kembali bisa diakses baik lewat website maupun aplikasi smartphone.

Sayangnya, sampai saat ini, pihak YouTube tidak menginformasikan apa penyebab layanannya sempat tidak dapat diakses. 

2 dari 3 halaman

Tak Hanya di Indonesia

Perlu diketahui, sebelumnya YouTube down tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di berbagai negara seperti Eropa, negara Asia, hingga negara di benua Amerika.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com di laman pendeteksi situs down, Down Detector, YouTube down tak hanya terjadi di Indonesia tetapi juga seluruh dunia.

Live outage map dari Down Detector menunjukkan zona merah dan kuning atau lokasi tumbangnya YouTube dialami oleh penggunanya secara global.

Tumbangnya layanan YouTube terparah terjadi di negara-negara Eropa, di mana hampir semua negara Eropa seperti Spanyol, Prancis, Inggris, Denmark, Norwegia, Italia, Yunani, Polandia, Hungaria, Rusia, Turki dan Finlandia mengalami YouTube down.

Begitu juga dengan negara-negara di Asia seperti India, Pakistan, Arab Saudi, Bangladesh, Vietnam, Filipina, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, juga Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Indonesia.

Tidak hanya itu, Amerika Serikat, Kanada, dan negara-negara di Amerika Selatan seperti Argentina dan Brasil juga merasakan tumbangnya layanan YouTube milik Google ini.

3 dari 3 halaman

Picu Keluhan di Media Sosial

YouTube down memicu keluhan di media sosial, terutama Twitter. Pantauan Tekno Liputan6.com, tagar YouTube down menjadi trending topic dengan lebih dari 100 ribu cuitan.

Layanan YouTube sendiri sempat tidak bisa diakses sama sekali baik di PC maupun dari smartphone. 

Berdasarkan pantauan, ketika membuka laman youtube.com, laman ini tidak bisa loading dan hanya menampilkan gambar kera dengan tulisan "Something went wrong.."

Sementara ketika membuka aplikasi, YouTube juga menampilkan laman blank dengan keterangan "You're offline". Pengguna disarankan untuk menonton video yang telah diunduh.

Pantauan Liputan6.com di website Down Detector, memang ada banyak keluhan mengenai YouTube. 

Adapun keluhan yang dilaporkan melibatkan masalah pada website (49 persen), kesulitan dalam menonton video (45 persen), hingga kesulitan login (4 persen).

(Tin/Isk)

BERANI BERUBAH: Reinkarnasi Ala Event Organizer