Sukses

Layanan Google Down Massal Jadi Trending Topic

Liputan6.com, Jakarta - Selain YouTube, layanan Google lainnya juga down, termasuk Gmail, Drive, dan juga toko aplikasi Play Store.

Saat Tekno Liputan6.com mencoba untuk mengakses Gmail, Senin (14/12/2020), muncul pemberitahuan, "We're sorry, but your account is temporarily unavailable. We apologize for the inconvenience and suggest trying again in a few minutes."

Selain itu juga muncul notifikasi, "Gmail is temporarily unable to access your Contacts. You may experience issues while this persists."

Terkait masalah layanan Google down, banyak warganet yang menyampaikan keluhannya di Twitter, hingga menjadi trending topic.

2 dari 3 halaman

Down di Banyak Negara

Layanan Google down secara massal di banyak negara. Menurut pantauan Downdetector.com, banyak pengguna yang menuliskan keluhannya di kolom pelaporan seperti tampak di bawah ini.

Netizen Keluhkan Google Down. Kredit: Downdetector.comNetizen Keluhkan Gmail Down. Kredit: Downdetector.comNetizen Keluhkan YouTube Down. Kredit: Downdetector.com

Khusus Gmail, kami masih dapat mengakses layanan email dari Google tersebut di aplikasi smartphone, tetapi ia sama sekali tidak berfungsi di browser. Akun Gmail kami otomatis logout dan saat kami mencoba untuk login kembali, kami tidak berhasil.

Saat ini kami masih berupaya untuk mencari informasi penyebab mengapa layanan Google down massal. 

YouTube Down

Ketika membuka laman youtube.com, laman ini tidak bisa memuat dan hanya menampilkan gambar kera dengan tulisan "Something went wrong.."

3 dari 3 halaman

Aplikasi juga bermasalah

Sementara ketika membuka aplikasi, YouTube juga menampilkan laman blank dengan keterangan "You're offline". Pengguna disarankan untuk menonton video yang telah diunduh.

Pantauan Liputan6.com di website Down Detector, memang ada banyak keluhan mengenai YouTube.

Live outage YouTube menunjukkan tumbangnya YouTube terjadi di berbagai tempat. Mulai dari Indonesia, Jepang, Filipina, Australia, Singapura, Malaysia, India dan sekitarnya, negara-negara Eropa, Amerika Serikat, hingga Amerika Selatan.

(Isk/Why)