Sukses

Sejumlah Layanan Google Down, termasuk Meet dan Drive

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah layanan Google tumbang pagi ini. Mengutip Tech Crunch, layanan yang tumbang antara lain Google Meet, Drive, Docs, Analytics, Classroom, hingga Calendar.

Bahkan beberapa pengguna mengeluhkan kalau layanan tidak bisa diakses sama sekali alias offline.

Tech Crunch dalam laporannya, Jumat (25/9/2020) menulis, dashboard status Google tidak menunjukkan adanya masalah pada layanan-layanan Google di atas.

Namun, berdasarkan laporan dari pengguna yang berasal dari seluruh dunia, banyak yang mengeluh tidak bisa mengakses layanan Google.

Pantauan Tekno Liputan6.com di situs pendeteksi website Down Detector pagi ini menunjukkan bahwa pada sejak pukul 6 lebih, jumlah laporan yang masuk terkait tumbangnya layanan Google sudah mencapai 30 ribu laporan.

Down Detector mencatat, layanan Google yang tumbang mulai Google Search, Gmail, Google Drive, YouTube, YouTube TV, sampai ke Hangouts.

2 dari 3 halaman

Tak Bisa Login dan Lakukan Pencarian

Untuk Google sendiri, masalah yang dilaporkan sebagian besar adalah kesulitan login dan hasil pencarian.

Peta outage Down Detector menunjukkan bahwa wilayah yang terdampak tumbangnya layanan-layanan Google antara lain ada di Amerika Serikat dengan persebaran terutama di kota-kota besar seperti Boston, New York, Washington, Philadelphia, Chicago, San Francisco, hingga LA dan Seattle.

Negara Asia yang terdampak antara lain adalah Jepang, Filipina, Malaysia, sebagian wilayah Indonesia, Vietnam, Singapura, Korea Selatan.

3 dari 3 halaman

Google Belum Tanggapi

Australia dan sejumlah negara di Amerika Latin seperti Peru, Brasil, Cili, dan Kolumbia pun ikut terdampak. Sementara negara-negara Eropa dan Afrika relatif aman dari gangguan.

Menurut Tech Crunch, tidak biasanya layanan-layanan Google tumbang bersamaan. Kalaupun layanan tumbang biasanya hanya satu atau dua platform saja.

Pihak Google sendiri belum memberikan tanggapan atas hal ini.

(Tin/Isk)