Sukses

Layanan Gmail dan Google Drive Tumbang Bersamaan, Pengguna Komplain

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu tak bisa mengirim email di Gmail? Kamu tidak sendiri. Pasalnya banyak orang mengeluhkan sulitnya terkoneksi ke layanan G Suite, terutama layanan email Gmail.

Mengutip laman Engadget, Kamis (20/8/2020), halaman status aplikasi Google yang baru di-update mengkonfirmasi mereka menerima laporan masalah pada Gmail dan Google Drive.

Akibat tumbangnya layanan Gmail dan Google Drive ini, Twitter pun dibanjiri keluhan dari pengguna.

Layanan Google, seperti Gmail dan Drive down atau sedang mengamali gangguan. (Doc: Downdetector)

Tidak hanya itu, situs pendeteksi laman down, DownDetector pun menunjukkan adanya ribuan laporan tentang tumbangnya layanan Gmail dan Google Drive selama sejam terakhir.

Berdasarkan keluhan di situs DownDetector, keluhan terbanyak (62 persen keluhan) pada fitur attachment atau ketika pengguna mencoba melampirkan file pada email. Ada pula keluhan pada login (21 persen), dan 16 persen keluhan menyebut mereka tak bisa menerima pesan Gmail.

2 dari 3 halaman

Keluhan di Seluruh Dunia

Peta DownDetector juga memperlihatkan masalah ini terjadi hampir di seluruh dunia, tepatnya di negara-negara Asia seperti Singapura, sebagian besar India, Thailand, Filipina, Jepang, Korea, sebagian Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, sebagian Amerika Serikat, dan negara-negara Eropa.

Pada peta DownDetector, sebagian pengguna di Indonesia pun merasakan gangguan ini.

Sementara pada situs DownDetector, layanan Google Drive, terlihat tumbang di tempat-tempat serupa. Sebagian besar masalah yang dirasakan pengguna antara lain lain adalah kesulitan sinkronisasi file, aplikasi tak loading, hingga kesulitan login.

3 dari 3 halaman

Google Lakukan Investigasi

Pihak Google sendiri, memberikan pernyataan bahwa mereka tengah menginvestigasi laporan masalah yang terjadi pada Gmail.

"(8/20/20) 1:29 AM, Kami menginvestigasi laporan-laporan terkait masalah dengan Gmail. Kami akan segera mengabari dengan lebih banyak informasi (terkait masalah ini)," kata Google dalam pernyataan, dikutip dari Engadget.

(Tin/Ysl)