Sukses

Mulai 13 Oktober, Google Drive Otomatis Hapus File di Tempat Sampah

Google mengumumkan bahwa mulai 13 Oktober 2020, Google Drive akan mulai mengosongkan tempat sampah secara otomatis tiap 30 hari sekali.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna Google Drive kerap mungkin tahu, ketika mereka menghapus sebuah file, file tersebut tak benar-benar hilang.

Hal ini memang berguna ketika ada salah hapus file, kemudian ingin mengembalikannya. Namun, beberapa pengguna mungkin jengkel karena mereka ingin menjaga penyimpanan cloud mereka tetap rapi.

Kini, Google mengumumkan mulai 13 Oktober 2020, Google Drive akan mulai mengosongkan tempat sampah secara otomatis tiap 30 hari sekali.

Sama dengan Gmail, pengguna tak perlu melakukan apapun untuk menghapus file di tempat sampah secara manual.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata Google

"Mulai 13 Oktober 2020, kami mengubah kebijakan untuk file di tempat Sampah pada Google Drive," kata Google, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Jumat (18/9/2020).

Google menambahkan, dengan kebijakan baru ini, file apapun yang dimasukkan ke tempat sampah Google Drive akan otomatis dihapus setelah 30 hari.

"Sebelumnya item sampah akan disimpan tanpa batas waktu, hingga tempat sampah dikosongkan secara manual oleh pengguna," kata Google.

3 dari 3 halaman

Sempat Tumbang Beberapa Waktu Lalu

Masih terkait dengan Google Drive, belum lama ini layanan email milik Google, Gmail, beserta Google Drive down bersama-sama pada Agustus lalu. 

Berdasarkan situs DownDetector, layanan Gmail dan Google Drive tumbang di berbagai negara di seluruh dunia. Salah satunya adalah di Indonesia.

Pengguna di Indonesia mengaku tak bisa mengunggah lampiran (attachment) file di Gmail. Akibatnya, pengiriman lampiran pesan pun terganggu.

"Kalau buka pesan normal, tetapi tidak bisa upload attachment sama send email," kata seorang pengguna Gmail, Iskandar, kepada Tekno Liputan6.com.

Kami pun mengalami hal yang sama. Ketika mencoba mengirim pesan tanpa lampiran, email berhasil dikirimkan. Namun, ketika kami mencoba mengunggah lampiran berupa foto, file tersebut tidak terunggah.

Begitu juga ketika kami mencoba mengunggah file di Google Drive. Sebuah file yang coba kami unggah ternyata hanya berputar-putar dengan tulisan "Starting Upload".

Namun setelah lama menunggu, file juga tidak kunjung bisa diunggah dan malah muncul tulisan "Incomplete Upload" tanda pengunggahan file tidak berjalan.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Google adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berkhususkan pada jasa dan produk internet.

    Google

  • cloud