Sukses

Mulai Pakai Signal? Cek 5 Tips Penting yang Perlu Kamu Tahu

Liputan6.com, Jakarta - Signal kini tengah menjadi salah satu aplikasi yang menarik perhatian pengguna smartphone. Aplikasi ini kian dikenal setelah WhatsApp memperkenalkan kebijakan privasi baru untuk para pengguna.

Ketika itu, sejumlah figur publik, seperti bos Tesla Elon Musk sempat mencuitkan agar pengguna beralih menggunakan Signal. Kicauan itu juga didukung Edward Snowden sebagai mantan kontraktor CIA.

Sejak saat itu, pengguna Signal yang disebut-sebut menawarkan keamanan privasi yang lebih baik mulai dibanjiri pengguna. Kondisi itu sempat membuat layanan ini eror.

Untuk itu, Tekno Liputan6.com akan membagikan sejumlah tips untuk kamu yang mulai menjajal aplikasi ini. Apa saja tips tersebut? Simak daftarnya seperti dikutip dari CNET, Senin (25/1/2021) berikut ini.

1. Mengatur Penguncian Layar

Signal memiliki fungsi Screen Lock, sehingga tidak sembarang orang bisa mengakses aplikasi ini, meski smartphone dalam keadaan tidak terkunci.

Kamu bisa memanfaatkan beragam fitur penguncian, mulai dari PIN hingga fungsi biometrik. Untuk melakukannya, kamu tinggal buka menu Settings, pilih Privacy dan nyalakan opsi Screen Lock.

2 dari 3 halaman

2. Matikan Notifikasi Pengguna yang Baru Bergabung

Saat ini, kamu mungkin akan kerap menerima notifikasi di Signal yang menandakan ada kontak baru yang bergabung di layanan ini. Hal ini memang wajar mengingat banyak yang mulai menjajalnya. 

Notifikasi semacam ini harus diakui kadang mengganggu, mengingat kadang terjadi cukup sering. Kamu dapat mematikannya, dengan membuka menu Settings, pilih Notification, dan matikan fungsi Contact Joined Signal.

3. Buramkan Wajah yang Ada di Foto

Apabila kamu sangat menaruh perhatian para privasi, Signal memiliki fitur menarik. Dengan fitur ini, kamu dapat memburamkan wajah seseorang atau informasi penting yang tidak ingin kamu sertakan dalam foto yang dikirimkan.

Kamu bisa melakukannya dengan mengetuk ikon plus (+), pilih foto yang ingin dikirimkan, dan ketuk opsi Blur. Setelahnya, kamu dapat memburamkan wajah atau informasi yang dirasa tidak perlu dibagikan ke orang lain.

3 dari 3 halaman

4. Kirim Pesan yang Dapat Hilang Otomatis

Signal sudah memiliki fitur untuk menghapus pesan secara otomatis sejak lama. Berbekal fitur ini, pengguna dapat mengatur durasi sebuah pesan dapat dilihat dan setelahnya akan terhapus secara otomatis.

Untuk bisa memanfaatkan fitur ini, kamu tinggal membuka kolom chat dengan kontak lain. Setelah itu, bukan opsi Disappearing Messages dan tentukan durasi pesan dapat dilihat sebelum akhirnya dihapus.

5. Foto Terhapus Otomatis Setelah Dilihat

Selain membatasi durasi teks yang dikirimkan, kamu juga dapat memanfaatkan fitur serupa untuk foto yang dikirimkan via Signal.

Jadi, kamu dapat memastikan foto yang dikirimkan akan dihapus secara otomatis setelah dibuka oleh penerima.

Sama seperti saat kamu ingin mengirimkan foto, kamu tinggal memilih ikon plus (+) dan pilih ikon 1x yang ada di pojok kiri bawah. Apabila ingin mengembalikan fungsi ini seperti biasa, kamu tinggal memilih ikon tidak terbatas.

(Dam/Ysl)

BERANI BERUBAH: Dodol Perekat Korban PHK