Sukses

Cara Menonaktifkan Download Media Otomatis di WhatsApp dan 3 Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp sebagai aplikasi olah pesan terpopuler di dunia didukung banyak fitur untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satunya adalah kemampuan untuk mengirim media berupa foto, video, audio, dan file.

Bagi sebagian pengguna WhatsApp, fitur ini mungkin sangat bermanfaat, tetapi belum tentu bagi sebagian lainnya. Bisa saja, alih-alih berguna, fitur download media otomatis ini malah mengganggu kenyamanan.

Terlebih, jika pengguna merupakan anggota dari grup-grup WhatsApp yang memiliki banyak anggota dengan intensitas percakapan sangat tinggi, bisa dibayangkan berapa banyak foto dan video yang tanpa disadari terunduh.

Terkait hal ini, WhatsApp menyediakan solusi untuk mematikan fitur tersebut di Settings > Storage and data > Media auto-download.

Di situ ada pilihan apa yang harus dilakukan oleh WhatsApp ketika ada media yang dilampirkan di percakapan, dengan kondisi apabila terhubung ke jaringan Wi-Fi, koneksi seluler, dan roaming.

Memilih opsi No media pada kondisi-kondisi tersebut berarti pengguna mematikan fitur download media secara otomatis.

Nah, perlu kamu ketahui mematikan fitur itu juga memiliki beberapa manfaat sebagai berikut.

2 dari 4 halaman

1. Mengurangi "sampah" di galeri

Buat kamu yang selalu menata dan merapikan galeri di ponsel, foto dan video yang otomatis diunduh dari grup-grup WhatsApp merupakan "sampah".

Karena itu, mematikan fitur download media otomatis ini berarti mengurangi foto dan video yang tak ingin kamu simpan di galeri dan berpotensi "merusak" tatanan galeri kamu. 

3 dari 4 halaman

2. Menghemat ruang penyimpanan

Entah apa yang dipikirkan oleh pengguna yang dengan mudahnya meneruskan (forward) atau mengirim video berukuran besar ke grup WhatsApp.

Buat mereka yang memakai smartphone dengan ruang penyimpanan lapang, mungkin itu bukan masalah.

Namun, itu akan jadi masalah bagi mereka yang menggunakan smartphone dengan kapasitas ruang penyimpanan terbatas. Kalau kamu termasuk ke dalam kategori ini, ada baiknya kamu mematikan fitur download media otomatis untuk menghemat ruang penyimpanan.

4 dari 4 halaman

3. Mengurangi pemakaian data 

Terakhir, mematikan fitur download media secara otomatis sangat bermanfaat untuk kamu yang sehari-hari tergantung pada koneksi mobile saja.

Bayangkan, kalau tiap hari misalnya 3 orang pengguna dari grup-grup WhatsApp yang mengirim video berukuran 15MB, dalam sehari kamu bisa menghemat 45MB dan dalam sebulan kamu dapat menghemat 1350 MB yang berarti lebih dari 1GB. 

Sebagai perbandingan, 1GB data kurang lebih setara dengan konsumsi konten video di Netflix selama sejam dengan setelan SD.