Sukses

Registrasi Vaksinasi Covid-19 Kini Bisa via WhatsApp

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) baru saja mengumumkan bahwa pihaknya sediakan layanan registrasi atau pendaftaran bagi penerima vaksinasi Covid-19 melalui chatbot WhatsApp (WA) di nomor 081110500567.

Layanan tersebut bertujuan untuk mempermudah penerima vaksin Covid-19 melakukan registrasi di mana pun dan kapan pun.

Sebagai informasi, untuk sementara ini registrasi melalui WhatsApp hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan.

Setelah terverifikasi, tenaga kesehatan dapat mendaftarkan diri untuk membuat janji di fasilitas kesehatan sekitar dan mendapatkan konfirmasi terkait waktu dan tempat pelaksaan vaksin.

Jika tenaga kesehatan tidak terdaftar, proses registrasi juga dapat dilakukan melalui chatbot WhatsApp.

Vice President Kebijakan dan Komunikasi WhatsApp, Victoria Grand, mengatakan kolaborasi WhatssApp dengan pemerintah terkait vaksinasi Covid-19 menjadi yang pertama kalinya di dunia, di mana chatbot WhatsApp digunakan untuk mempermudah proses bagi para tenaga kesehatan untuk mendapatkan vaksin di Indonesia.

Tentunya langkah inovatif ini juga dibarengi dengan privasi tinggi terhadap data pribadi.

"Kami berharap tim medis yang telah dengan sangat berani berada di garda terdepan selama hampir satu tahun, akan mendapat proses yang aman dan mudah dalam mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksin," kata Victoria Grand, dikutip dari website resmi Kemenkes, Sabtu (16/1/2021).

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kirim Pesan ke Nomor WhatsApp 081110500567

Penerima vaksinasi COVID-19 bisa langsung mengirimkan pesan ke nomor WA 081110500567 dengan mengetik kata kunci ‘Vaksin’. Setelah itu akan ada konfirmasi bahwa penerima vaksinasi adalah tenaga kesehatan.

Selanjutnya, penerima vaksinasi diminta mengirimkan 6 angka terakhir Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk mendaftar dan tenaga kesehatan akan menerima konfirmasi lokasi vaksinasi.

Langkah selanjutnya akan dilakukan konfirmasi mengenai kondisi Kesehatan untuk memastikan bahwa peserta akan dapat menerima vaksin.

Lalu, chatbot akan membagikan jadwal vaksin untuk dikonfirmasi. Setelah itu, tiket QR code akan dibagikan bersama dengan video bagaimana cara kerja vaksin.

 

3 dari 3 halaman

Mengecek Nama

Para tenaga kesehatan juga dapat mengecek nama mereka di situs pedulilindungi.id. Jika belum terdaftar, sasaran diminta segera mengajukan program vaksinasi dengan mengirimkan data diri ke email vaksin@pedulilindungi.id.

Selain via WhatsApp, Kemenkes juga menyediakan channel registrasi vaksinasi Covid-19 melalui SMS Blast PEDULICOVID, Website pedulilindungi.id, melalui email vaksin@pedulilindungi.id, call/UMB *119#, dan Hotline Vaksinasi COVID-19 119 Ext 9.

(Isk/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.