Sukses

5 Fitur Baru WhatsApp yang Bakal Rilis pada 2021

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp kini jadi aplikasi chatting paling terkenal di dunia dengan lebih dari 2 miliar pengguna. Sepanjang 12 tahun kehadirannya, perusahaan giat merilis fitur-fitur WhatsApp agar pengguna makin betah.

Mulai dari wallpaper yang bisa dikustom, tool pencarian emoji, kemampuan mute chat selamanya, sampai ke kehadiran dark mode alias mode gelap.

Tahun 2021 ini, WhatsApp menghentikan dukungan untuk sistem operasi Android dan iOS lawas demi menambah berbagai update di aplikasi.

Lantas, fitur baru WhatsApp apa saja yang diperkirakan hadir tahun 2021, berikut rinciannya seperti dikutip dari laman Entrepreneur, Senin (4/1/2020).

1. Pengumuman Internal di WhatsApp

Pada 8 Februari mendatang, WhatsApp dikabarkan akan memperbarui kebijakan penggunaan. Kebijakan penggunaan baru ini menurut WABetaInfo juga disertai dengan tool untuk pengumuman pada pengguna.

Dengan tool tersebut, pengumuman untuk pengguna tak akan dikirimkan via chat melainkan tampil sebagai sebuah pengumuman di aplikasi.

2 dari 5 halaman

2. Holiday Mode

Kabarnya kini WhatsApp tengah mengembangkan fitur Vacation Mode. Fitur ini disebut-sebut memungkinkan pengguna mengarsipkan percakapan dan grup untuk sementara waktu sembari me-mute dan nonaktifkan notifikasi chatting.

Kebutuhan akan fitur ini muncul dari kenyataan bahwa ada banyak pengguna yang tak ingin jadi bagian dari percakapan, tetapi tak bisa menarik diri atau left group karena alasan tertentu.

3 dari 5 halaman

3. Panggilan Video Via Desktop

WhatsApp berencana menghadirkan fitur panggilan dan panggilan video untuk versi desktop. Fitur panggilan maupun panggilan video kini memang sudah ada di aplikasi WhatsApp untuk Android dan iOS.

Nah fitur panggilan dan video call via desktop ini dijadwalkan hadir di 2021 untuk pengguna WhatsApp Web dan versi desktop.

Fitur ini jadi salah satu fitur yang paling ditunggu. Apalagi kini orang menghabiskan banyak waktu di depan laptop sembari bekerja termasuk juga chat di WhatsApp Web.

4 dari 5 halaman

4. Multi-Device

WhatsApp sudah lama disebut-sebut mau merilis fitur multi-device, alias satu akun WhatsApp bisa login di beberapa perangkat sekaligus.

Fitur ini ditengarai akan dirilis tahun 2021. Kabarnya ketika fitur ini dirilis, satu akun bisa dipakai di empat perangkat sekaligus, termasuk di tablet.

Tak seperti WhatsApp Web yang mengharuskan koneksi antara perangkat kedua (laptop) dengan smartphone utama, kabarnya saat fitur multi-device ini dirilis tablet tak butuh koneksi ke smartphone.

 

 

5 dari 5 halaman

5. Lampiran Pesan yang Otomatis Terhapus Setelah Dibaca

Perusahaan kabarnya juga mengemabngkan fitur yang bertujuan meningkatkan tingkatan privasi di WhatsApp.

Fitur ini disebut-sebut sebagai tool yang akan menghapus tiap lampiran, baik foto, video, atau GIF yang dikirimkan ke sebuah nomor, setelah si penerima membuka pesan tersebut.

Opsi ini akan membantu pengguna membersihkan ruang di perangkatnya secara otomatis.

(Tin/Isk)