Sukses

Smartphone Layar Lipat dari Oppo dan Google Bakal Hadir pada 2021

Para vendor dilaporkan sedang menyiapkan smartphone layar lipat. Produk dari Oppo, Vivo, Xiaomi, dan Google dilaporkan akan meluncur pada 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Para vendor dilaporkan sedang menyiapkan smartphone layar lipat. Produk dari Oppo, Vivo, Xiaomi, dan Google disebut-sebut akan meluncur pada 2020.

Dilansir GSM Arena, Senin (14/12/2020), informasi itu diungkapkan oleh Ross Young dari DisplaySearch. Menurutnya, 2021 akan menjadi tahun yang tepat untuk smartphone layar lipat, terutama pada periode semester II.

Pada saat itulah, kata Young, perangkat-perangkat dari Oppo, Vivo, Xiaomi, dan Google akan meluncur. Untuk Google, smartphone layar lipat tersebut akan menjadi bagian dari keluarga Pixel.

Sementara itu, Oppo, Vivo, dan Xiaomi akan merilis total empat smartphone layar  lipat.

Semua produk tersebut di luar dari smartphone layar lipat Samsung yang juga dilaporkan akan hadir pada tahun depan.

Menurut Young, Fold3 yang menjadi bahan perbincangan beberapa waktu belakangan tidak akan meluncur. Sebaliknya, Samsung akan merilis varian smartphone layar lipat Flip yang lebih terjangkau.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Oppo Patenkan Smartphone Layar Lipat Mirip Galaxy Z Flip

Oppo sebelumnya dilaporkan sedang bersiap merilis ponsel layar lipat serupa dengan Galaxy Z Flip dan Razr (2020). Hal ini terungkap oleh gambar paten yang Oppo daftarkan di World Intellectual Property Organization (WIPO), dan disetujui, serta dipublikasi pada 3 September 2020.

Berdasarkan dokumen, smartphone dengan layar lipat Oppo tersebut memiliki engsel yang dapat berputar sehingga memungkinkan ponsel diposisikan pada empat sudut berbeda.

3 dari 3 halaman

Rincian Lain

Dari gambar render yang dibuat LetsGoDigital, Selasa (8/12/2020), ponsel layar lipat milik Oppo ini tidak memiliki layar kedua yang terpasang di cover depan smartphone, seperti Galaxy Z Flip atau Razr (2020).

Ini berarti, saat ponsel dilipat maka pengguna tidak dapat melihat siapa yang menelepon atau notifikasi. Sedangkan kamera selfie ponsel Oppo itu tetap terpasang di bagian tengah layar.

Foto render perangkat Oppo tersebut juga memperlihatkan pengaturan tiga kamera belakang, walau tidak muncul pada paten.

(Din/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini