Sukses

Siap-Siap, Samsung Mulai Rilis One UI 3.0 ke Pengguna Galaxy S20

Liputan6.com, Jakarta - Samsung akhirnya secara resmi mengumumkan peluncuran One UI 3.0 untuk perangkat besutannya. Informasi ini diketahui langsung dari situs resmi Samsung.

Dikutip dari situs resmi perusahaan, Sabtu (5/12/2020), perangkat pertama yang akan menerima One UI 3.0 adalah lini Galaxy S20, seperti Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan Galaxy S20 Ultra.

Pembaruan ini sudah digulirkan untuk pasar Korea Selatan, Amerika Serikat, dan sejumlah wilayah di Eropa. Samsung mengatakan pembaruan ini akan hadir secara bertahap di wilayah lainnya.

Menyusul Galaxy S20, One UI 3.0 akan hadir dalam beberapa minggu ke depan di Galaxy Note20, Galaxy Z Fold2, Galaxy Z Flip, Galaxy Note10, Galaxy Fold, dan lini Galaxy S10.

Namun Samsung memang tidak merinci kehadiran pembaruan ini di tiap wilayah. Sementara untuk lini Galaxy A, pembaruan akan mulai digulirkan pada paruh pertama 2021.

Sebagai informasi, One UI 3,0 sendiri hadir dengan sejumlah peningkatan. Salah satunya dari sisi tampilan, mulai dari efek visual baru, efek buram di notifikasi, hingga widget yang didesain lebih kekinian.

Tidak hanya itu, Samsung mengatakan One UI 3.0 yang berbasis Android 11 ini juga memiliki performa lebih apik. Sejumlah fitur pun mengalami peningkatan agar dapat berjalan lebih mulus saat dipakai di antar perangkat. 

2 dari 3 halaman

Galaxy A32 Bakal Jadi Smartphone 5G Termurah Samsung?

Terlepas dari informasi di atas, Samsung memperkenalkan smartphone 5G murah terbarunya, Galaxy A42 5G, untuk pasar Eropa pada September 2020. 

Smartphone ini didukung chipset Snapdragon 750G, prosesor 5G untuk smartphone dengan harga terjangkau. Kini laporan baru mengungkap bahwa gelar smartphone 5G termurah Samsung akan diambil alih oleh Galaxy A32 5G.

Jelang kemunculannya, tipster populer OnLeaks membagikan gambar render Galaxy A32 5G dan mengungkap desain perangkat ini.

Mengutip Gizmochina, Rabu (2/12/2020), OnLeaks mengungkap Galaxy A32 5G bakal memiliki bodi yang terbuat dari material polikarbonat mengingat harganya yang terjangkau.

Kebanyakan smartphone Samsung di pasaran menggunakan desain melengkung pada bodi belakang dan frame kamera.

Namun, Galaxy A32 5G hadir dengan tampilan berbeda. Pasalnya sisi belakangnya datar dan tidak dilengkapi dengan frame atau housing kamera.

3 dari 3 halaman

Usung 3 Kamera Utama

Perangkat ini memiliki tiga kamera utama di bodi belakang yang ditempatkan langsung di bodi perangkat. Ketiga kamera juga dilengkapi dengan sebuah LED flash dan sampai saat ini belum diketahui masing-masing sensor kamera yang dipakai.

Kendati demikian, bagian depan Galaxy A32 5G didukung layar 6,5 inci. Terdapat notch berbentuk V alias desain Infinity V pada layar Galaxy A32 5G untuk menempatkan kamera selfie.

Berbeda dengan perangkat Samsung lainnya, Galaxy A32 5G hadir dengan tepian bezel yang agak lebar serta dagu yang juga lebar.

Berdasarkan gambar render tersebut, Galaxy A32 5G memiliki dimensi 164,2 x 76,1 x 9,1 mm.

Fitur keamanan fingerprint scanner ditempatkan pada sisi samping perangkat, tepatnya pada tombol yang juga berfungsi sebagai Power.

Galaxy A32 5G juga terlihat didukung jack audio 3,5mm, port USB type C, dan speaker eksternal di tepinya.

Sayangnya, selain bocoran gambar, tidak ada informasi lebih mengenai spesifikasi Galaxy A32G. Menurut rumor yang beredar, kamera Galaxy A32 5G menampung kamera utama 48MP serta kamera depth sensor 2MP.

Samsung masih belum memberikan informasi apapun mengenai kehadiran perangkat ini. Namun, tanggal peluncuran Galaxy A32 5G dikabarkan tidak lama lagi.

(Dam/Ysl)