Sukses

WhatsApp Uji Coba Fitur Archived Chat Versi Baru

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp memperbarui fitur Archived Chat alias Obrolan yang Diarsipkan untuk memudahkan pengguna saat ingin melihat percakapan tersebut di kemudian hari.

Dalam uji coba ini, fitur Archived Chat yang baru bernama Read Later atau Baca Nanti.

Informasi ini pertama dilaporkan oleh WABetaInfo yang menyebut bahwa fitur Read Later pada WhatsApp yang akan menggantikan Archived Chat, berfungsi dengan cara yang sama: menyembunyikan sementara sebuah obrolan.

Mengutip The Star, Selasa (17/11/2020), fitur ini akan dapat mencegah notifikasi dari chat yang sudah diarsipkan.

Hal ini berbeda dengan cara kerja archived chat saat ini yang secara otomatis tak mengarsipkan kapan pun pengguna menerima sebuah pesan.

2 dari 3 halaman

Akan Ada Tombol Read Later

Alih-alih archived chat, pengguna nantinya akan memiliki tombol "Read Later" yang dsematkan di bagian atas kolom Chat mereka.

Ketika pengguna baru pertama kali mengeklik tombol tersebut, akan ada sebuah banner yang menjelaskan fungsi dari Read Later.

Versi baru Archived Chat di WhatsApp (Foto: WABetaInfo)

Menurut hasil tangkapan layar dari WABetaInfo, banner tersebut bertuliskan "Achive sekarang menjadi Read Later. Untuk mengurangi gangguan, chat dengan pesan baru tetap ada di sini tetapi pengguna tidak akan mendapatkan notifikasi," demikian bunyi penjelasan tersebut.

3 dari 3 halaman

Setting untuk Pengaturan Fitur Read Later

Pengguna pun bisa masuk ke menu Setting untuk menonaktifkan fitur ini. Dengan demikian, chat yang mendapatkan notifikasi baru secara otomatis tidak akan diarsipkan.

Saat ini, fitur Read Later tengah dalam pengembangan baik bagi Android ataupun iOS. Sejauh ini pun belum ada tanggal perilisan yang terungkap.

(Tin/Why)