Sukses

WhatsApp Rilis Fitur Pesan Sementara, Apa dan Bagaimana Cara Pakainya?

WhatsApp resmi merilis fitur baru bernama Pesan Sementara. Fitur ini memungkinkan pesan yang dikirim ke chat hilang setelah tujuh (7) hari.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp resmi merilis fitur baru bernama Pesan Sementara. Fitur ini memungkinkan pesan yang dikirim ke chat akan hilang setelah tujuh (7) hari.

Ide awalnya berasal dari banyaknya pesan-pesan WhatsApp yang seringkali dibiarkan tersimpan di dalam gawai.

Meskipun pihak WhatsApp sadar kalau menyimpan kenangan dari teman dan keluarga merupakan hal yang baik, harus disadari kebanyakan pesan yang kita kirim tak perlu disimpan selamanya.

"Kami bertujuan untuk membuat percakapan di WhatsApp semakin terasa seperti berbicara tatap muka secara langsung, yang artinya percakapan tersebut tidak harus tersimpan selamanya. Itulah sebabnya kami sangat antusias mendatangkan fitur Pesan Sementara di WhatsApp," kata WhatsApp dalam keterangan yang diterima Kamis (5/11/2020).

Ketika fitur Pesan Sementara diaktifkan, pesan baru yang dikirim ke chat tersebut akan hilang setelah tujuh hari. Dengan begitu, percakapan menjadi lebih ringan dan privat.

Setelan yang terbaru ini akan mengendalikan semua pesan di chat. Namun, setelan ini tidak akan mempengaruhi pesan yang dikirim atau diterima di chat sebelum fitur Pesan Sementara diaktifkan.

Fitur Pesan Sementara ini bisa diterapkan pada chat individual ataupun grup.

Dalam chat individual, masing-masing pihak dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Pesan Sementara. Sedangkan dalam grup chat, hanya admin yang memegang kendali untuk pengaktifan fitur ini.

'Kami memulai dengan kurun waktu tujuh hari. Menurut kami, jangka waktu ini menawarkan rasa tenang sebab pengguna tahu percakapan tersebut tidak bersifat permanen, tetapi tetap praktis agar Anda tidak lupa apa yang sedang dibicarakan," kata pihak WhatsApp.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketentuan Pesan Sementara

Berikut adalah ketentuan dari penggunaan fitur Pesan Sementara:

- Ketika pengguna tidak membuka WhatsApp selama 7 hari, pesan tersebut akan hilang tetapi pratinjau pesan masih akan ditampilkan di notifikasi, hingga WhatsApp dibuka.

- Ketika pengguna membalas sebuah pesan, pesan orisinal akan dikutip. Jika pesan yang dibalas adalah Pesan Sementara, pesan yang dikutip akan tetap ada di chat, setelah 7 hari.

- Jika Pesan Sementara diteruskan ke chat yang mematikan fitur ini, pesan tidak akan hilang di chat yang diteruskan

- Jika pengguna mem-backup sebelum pesan hilang, Pesan Sementara akan disertakan dalam backup tersebut. Selanjutnya, Pesan Sementara akan dihapus ketika pengguna memulihkan dari backup.

WhatsApp sendiri menyarankan agar pengguna menggunakan fitur Pesan Sementara hanya pada orang-orang yang dipercayai. Pasalnya, seseorang bisa saja akan meneruskan atau men-screenshot layar Pesan Sementara sebelum pesan tersebut hilang, menyalin isi pesan, ataupun memotretnya dengan perangkat lain.

Untuk media di Pesan Sementara yang diunduh secara otomatis akan masuk ke foto. Jika fitur dinyalakan, media pada chat akan hilang, tetapi jika sudah disimpan ke telepon tidak akan hilang.

3 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Mengaktifkannya?

Begini Cara Aktifkan Fitur Pesan Sementara

- Chat individual

1. Buka chat WhatsApp

2. Ketuk nama Kontak

3. Ketuk Pesan Sementara, jika diminta, ketuk Lanjut

4. Pilih Nyala/ Mati (jika ingin non-aktifkan)

 

- Chat group

1. Buka chat group WhatsApp

2. Ketuk nama Group

3. Ketuk Pesan Sementara, jika diminta, ketuk Lanjut

4. Pilih Nyala/ Mati (untuk menonaktifkan).

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.