Sukses

ChromeBook Jadi Primadona pada Q3 2020

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan riset Canalys merilis data mengenai pasar PC di dunia, termasuk tablet. Data ini mencakup pengapalan dan pertumbuhan tahunan pada kuartal III (Q3) 2020.

Dilansir GSM Arena, Jumat (13/11/2020), secara khusus mengenai pasar PC, data Canalys menunjukkan perubahan di pasar pada tahun ini.

Chromebook mengalami pertumbuhan pengapalan terbesar pada tahun ini dengan perkiraan 9,4 juta unit, tumbuh 122 persen dibandingkana Q3 2019.

"Chromebook muncul sebagai inti dari respons digital pada segmen pendidikan terhadap pandemi Covid-19. Selain itu, Chromebook telah memainkan peran penting dalam kepuasan konsumen dan kebutuhan UKM untuk mendpatkan perangkat komputasi dasar di tangan mereka," ungkap analis Canalys, Ishan Dutt.

Ishan mengungkapkan meski produksi dan distribusi meningkat, ada lonjakan permintaan besar terhadap Chromebook yang menyebabkan pesanan tidak terpenuhi.

"Canalys memperkirakan jumlah pengapalan yang tinggi akan terus berlanjut hingga awal 2021," tuturnya.

Detachable yang mengacu pada notebook dengan keyboard yang dapat dilepas, juga mengalami perrtumbuhan 88 persen.

Sementara itu, komputer desktop mengalami penurunan 27 persen YoY di workstation desktop dan minus 33 persen dari sisi desktop tower dan kecil.

2 dari 3 halaman

Chromebook dan Detachable

Kedua jenis perangkat tersebut mencerminkan segmen PC dan komputer terjangkau, serta perusahaan-perusahaan seperti HP dan Lenovo yang menjual Chromebook paling banyak pada Q3 2020.

Canalys mengungkapkan perusahan-perusahaan itu telah meningkatkan produksi untuk memenuhi permintaaan konsumen, yang diharapkan akan berlanjut dalam jangka pendek.

3 dari 3 halaman

Daftar Vendor PC dan Tablet Populer

Dari sisi merek, Lenovo memimpin daftar segmen pengapalan PC global termasuk tablet pada Q3 2020. Perusahaan asal Negeri Tirai Bambu ini berhasil mencapai pengapalan 23,4 juta unit dengan 18,9 persen pangsa pasar. Pencapaian itu tumbuh 11,6 persen YoY.

Apple berada di peringkat kedua dengan pengapalan 22,07 juta unit, mewakili 17,7 persen pangsa pasar. Pertumbuhannya 40,9 persen YoY.

Peringkat lima besar lain secara berurutan ditempati HP, Dell, dan Samsung. Masing-masing dengan pangsa pasar 15 persen, 9,7 persen, dan 8 persen.

Secara keseluruhan, pasar PC dan tablet dunia tumbuh 22,7 persen YoY pada Q3 2020. Total pengapalan 124,4 juta unit.

(Din/Ysl)