Sukses

Pengguna YouTube Music Bakal Bisa Berbagi Lagu Favorit ke Instagram Stories

Liputan6.com, Jakarta - Google diketahui terus berupaya meningkatkan kemampuan YouTube Music agar bisa menyusul kompetitornya, seperti Spotify dan Apple Music. Salah satu yang dilakukan adalah menambah deretan fitur baru di aplikasi streaming musik ini.

Menurut laporan terkini dari 9to5Google, YouTube Music dikabarkan akan kedatangan fitur baru. Dikutip dari Phone Arena, Kamis (12/11/2020), fitur baru tersebut adalah kemampuan berbagi lagu yang diputar ke Instagram Stories atau Snapchat.

Menurut laporan, fitur ini memang belum berfungsi, tapi sejumlah pengguna diketahui sudah dapat menemukan opsi Instagram Stories dan Snapchat Stories saat membuka tombol 'Share'. Hanya, begitu opsi tersebut dibuka aplikasi akan langsung mengalami crash.

Kendati belum ada informasi resmi, ada kemungkinan fitur baru ini akan hadir dalam waktu dekat. Selain itu, tidak tertutup kemungkinan, saat lagu dibagikan di Stories akan ada tautan langsung yang mengarahkannya ke laman YouTube Music.

Sebelumnya, YouTube Music juga baru kedatangan fitur baru berupa playlist yang disesuaikan dengan aktivitas penggunanya. Jadi, ada opsi playlist yang terdiri dari berbagai tema seperti workout, focus, relax, dan commute.

Nantinya, tiap opsi yang ada di laman aplikasi itu akan menyediakan beragam playlist yang sudah disesuaikan dengan kegiatan. Lalu, kini ada pula tujuh playlist baru dengan nama My Mix yang langsung muncul di laman depan aplikasi.

Masing-masing playlist itu disebut menggambarkan setiap musik yang didengarkan oleh pengguna. YouTube Music juga menghadirkan playlist My SuperMix yang menggantikan tab Your Mix.

2 dari 3 halaman

YouTube Down juga Berimbas ke Layanan YouTube Music dan YouTube TV

Sebelumnya, YouTube down yang terjadi baru saja ternyata berimbas pula pada layanan lain yang mengandalkan infrastruktur YouTube. Karenanya, layanan seperti YouTube TV dan YouTube Music kini juga tidak dapat diakses. 

Bahkan, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (12/11/2020), masalah ini juga ditemui di layanan Google TV yang sebelumnya dikenal sebagai Google Play Movies & TV, sehingga konten di dalamnya tidak bisa muncul. 

Terkait masalah ini perusahaan akhirnya angkat suara melalui akun Twitter resmi @TeamYouTube. Dalam kicauannya, mereka mengakui ada masalah yang terjadi dan tengah berupaya memperbaikinya.

"Jika saat ini kamu mengalami masalah saat menonton video di YouTube, kamu tidak sendirian," tulis akun tersebut.

3 dari 3 halaman

YouTube Music Tembus 500 Juta Unduhan

Di sisi lain, jumlah unduhan YouTube Music terus bertambah. Google terus berupaya menambah pengguna YouTube Music, termasuk dengan membundelnya dengan YouTube Premium.

Dilansir dari GSM Arena, Selasa (15/9/2020), aplikasi YouTube Music kini telah mencapai 500 juta unduhan. Pencapaian ini membuatnya menjadi salah satu aplikasi paling populer.

YouTube Music merupakan aplikasi streaming musik yang dikembangkan oleh YouTube, anak usaha Google. Aplikasi ini merupakan kompetitor dari Spotify dan Apple Music. Setiap video musik atau lagu yang ada di YouTube, bisa diputar di YouTube Music.

YouTube Music pertama kali dirilis pada 2015. Pada 2018 YouTube mengumumkan versi baru dari YouTube Music, termasuk desktop player berbasis pada website dan desain baru aplikasi mobile.

(Dam/Ysl)