Sukses

MacBook Pro dan Air dengan Apple M1 Diumumkan, Ini Spesifikasi dan Harganya

Liputan6.com, Jakarta - Sesuai janji, Apple menggelar acara live streaming bertajuk "One More Thing" pada 11 November 2020 dini hari tadi.

Perusahaan rintisan Steve Jobs tersebut memulai acara dengan memperkenalkan chipset M1 baru yang ditujukan untuk perangkat Mac.

Dijelaskan Apple, chipset ini merupakan prosesor pertama yang dirancang oleh perusahaan secara khusus untuk Mac.

Adapun dua perangkat Apple yang langsung ditenagai oleh chipset anyar berbasis ARM milik perusahaan adalah MacBook Air dan MacBook Pro.

Spesifikasi MacBook Air

Seperti disebutkan sebelumnya, laptop Apple ini adalah salah satu perangkat yang mengusung chipset M1 buatan perusahaan.

MacBook Pro hadir dengan layar Retina Display berukuran 13,3 inci beresolusi 2.560 x 1.600 piksel, True Tone Technology, dan wide color (P3).

Dalam hal performa, laptop baru Apple ini sudah ditenagai chipset Apple M1 (8 core CPU), 8 core GPU, dan 16 core Neural Engine.

Untuk mendongkrak performa, MacBook Air hanya menyediakan opsi RAM 8GB dan 16GB. Sementara untuk storage-nya tersedia 512GB dan 2TB.

2 dari 4 halaman

Baterai dan Kamera

MacBook Air baru milik Apple. (Doc: Apple)

Apple juga menyertakan baterai lithium-polymer 58,2 watt yang diklaim mampu bertahan hingga 15 jam saat selancar di internet via Wifi, dan 18 jam saat nonton konten video di Apple TV.

MacBook Air baru ini juga sudah mendukung Wifi 6, Bluetooth 5.0, dan Touch ID. Terdapat pula dua port USB C (bisa untuk charging, DisplayPort, Thunderbolt 3, dan USB 3.1 Gen 2), termasuk audio jack.

Seperti seri sebelunya, laptop ini dilengkapi dengan kamera beresolusi 720p. Walau lebih rendah dari iPhone dan iPad saat ini, Apple menjamin kamera di laptop memberikan hasil yang baik berkat image signal processor (ISP) baru di chipset M1.

 

3 dari 4 halaman

MacBook Pro

MacBook Pro baru besutan Apple. (Doc: Apple)

Dalam hal spesifikasi, MacBook Pro tampil mirip dengan seri baru MacBook Air yang diumumkan oleh Apple malam tadi.

Bedanya, MacBook Pro hadir dengan memori yang lebih kecil ketimbang dari seri MacBook Air. Apple menyediakan opsi memori sebesar 256GB dan 512GB, tetapi bisa diperluas hingga 2TB.

Seri ini memiliki dua port Thunderbolt 4, jack audio 3,5mm. Apple juga menyematkan kipas pendingin, Touch Bar, dan sensor sidik jari yang terletak di atas keyboard.

 

4 dari 4 halaman

Harga MacBook Air dan MacBook Pro

Kedua laptop baru dengan chipset M1 milik Apple ini sudah bisa dipesan pada 11 November 2020, dan akan dikirim ke pembeli dan dijual secara resmi pada pekan depan 17 November 2020.

Soal harga, MacBook Pro dijual mulai dari USD 1299 atau sekitar Rp 18 jutaan. Sedangkan MacBook Air seharga USD 999 atau Rp 14 jutaan.

(Ysl/Isk)

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa