Sukses

WhatsApp Pay Dapat Lampu Hijau di India

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp telah mendapatkan persetujuan dari otoritas setempat untuk meluncurkan fitur pembayaran WhatsApp Pay di India.

Di negara tersebut, WhatsApp memiliki lebih dari 400 juta pengguna dan di sana WhatsApp Pay akan bersaing dengan Google Pay, Paytm (Softbank dan Alibaba), dan PhonePe (Walmart).

"WhatsApp dapat memperluas basis pengguna Unified Payments Interface (UPI) secara bertahap dimulai dengan basis pengguna terdaftar maksimum 20 juta," kata National Payments Corporation of India (NPCI) dalam sebuah pernyataan dikutip dari Reuters, Jumat (6/11/2020).

Berdiri sejak 2008, NPCI merupakan perusahaan nonprofit yang memiliki lebih dari 50 bank sebagai pemegang sahamnya, termasuk Bank Negara India, Citibank dan HSBC.

Adapun WhatsApp telah lama berupaya untuk mematuhi regulasi lokal di India, termasuk mengenai mekanisme penyimpanan data yang mengharuskan semua data terkait pembayaran disimpan secara lokal.

2 dari 3 halaman

WhatsApp Pay Resmi Beroperasi di Brasil, Kirim Uang Semudah Berbagi Foto

Sebelumnya layanan WhatsApp Pay resmi beroperasi di Brasil pada Juni 2020. Hal itu disampaikan oleh Bos Facebook Mark Zuckerberg melalui laman pribadinya. Brasil menjadi negara pertama tempat WhatsApp Pay diluncurkan secara luas.

"Brasil menjadi negara pertama di dunia, tempat kami luncurkan layanan pembayaran di WhatsApp," kata Zuckerberg.

Dia mengatakan, dengan kehadiran layanan pembayaran WhatsApp Pay di Brasil, pengguna bisa mengirim dan menerima uang semudah kirim foto.

WhatsApp Pay, menurut Zuckerberg, juga diklaim akan mempermudah pelaku bisnis kecil untuk melakukan transaksi keuangan lewat aplikasi oleh pesan itu.

"Untuk memungkinkan transaksi, kami mengembangkan Facebook Pay yang menyediakan langkah aman dan konsisten untuk bisa transaksi antarplatform aplikasi kami," kata Zuckerberg.

Sekadar informasi, Zuckerberg juga menyebut, WhatsApp Pay bisa berjalan berkat kolaborasi dengan sejumlah mitra bank lokal. Mereka termasuk Banco do Brasil, Nubank, Sicredi, dan Cielo, pemroses pembayaran merchant di Brasil.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini