Sukses

Telkomsel Kembali Gelar Digital Creative Millenials 2020

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel kembali mengadakan program berbasis digital sebagai wadah memacu kewirausahaan bagi generasi muda atau milenial.

Lewat program bernama Digital Creative Millenials 2020 ini, Telkomsel memberikan serangkaian pelatihan lewat webinar atau workshop.

Sebagai pembukaan program ini sekaligus menandai momentum Hari Sumpah Pemuda di 2020, Telkomsel pun menggelar webinar Creative Talks. Acara ini menghadirkan pembicara dengan pengalaman di bidang kewirausahaan.

"Tahun ini, sebagai momentum kami memaknai Hari Sumpah Pemuda melalui program Digital Creative Millennials, kami ingin fokus membantu para UMKM untuk dapat terus bergerak maju," tutur VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin.

Lewat keterangan tertulis yang diterima, Rabu (28/10/2020), Denny menuturkan Digital Creative Milennials sendiri merupakan program CSR (Corporate Social Responsibility) tahunan Telkomsel yang sudah diadakan dalam dua tahun terakhir.

Namun pada tahun ini, Telkomsel sekaligus ingin membantu para pelaku UMKM menghadapi tantangan pandemi Covid-19. Karenanya, operator pelat merah ini ingin mengakselerasi sektor UMKM untuk dapat beradaptasi dan bertransformasi.

"Melalui rangkaian program Digital Creative Millennials 2020 yang dibuka dengan Webinar Creative Talks, kami ingin mengakselerasi sektor UMKM yang memiliki kekuatan potensial dalam membangun perekonomian nasional di masa mendatang untuk dapat beradaptasi dengan teknologi dan bertransformasi ke sistem digital," tuturnya lebih lanjut. 

2 dari 3 halaman

Gelar Festival 3D Experience Shopping Online

Dalam acara perdana ini, Telkomsel mengundang Founder Unkl347, Dendy Darman, untuk membahas mengenai tentang transformasi digital di sektor UMKM dan strategi bisnis online,

Lalu sesi dilanjutkan dengan diskusi dua founder Cotton Ink, Ria Sarwono dan Carline Darjanto, yang membahas cara membangun bisnis dengan partner yang efektif dan bertahan lama.

Terakhir, ada sesi dengan topik 'Membangun Bisnis dengan Jujur dan Tetap Menjadi Diri Sendiri' yang dibawakan oleh Gofar Hilman sebagai founder Lawless.

Ada lebih dari 200 creativepreneurs, UMKM, dan pemilik brand hadir sebagai peserta webinar. Mereka juga ikut berbagi ilmu dengan pembicara mengenai pentingnya penerapan platform digital dan transformasi digital di sektor UMKM.

Nantinya, peserta program ini akan mendapatkan pelatihan maupun pendidikan yang mencakup produk komersial, bantuan teknis mengenai dokumen dan lisensi, rencana bisnis, penyederhanaan produksi distribusi, hingga mempertemukannya dengan investor.

Program ini akan ditutup dengan penyelenggaran Festival 3D Experience Shopping Online yang diisi ratusan brand lokal di akhir Desember 2020. Lewat festival ini, Telkomsel ingin membangkitkan kembali sektor UMKM yang mengalami penurunan penjualan akibat pandemi.

Adapun konsep belanja online yang menawarkan pengalaman tiga dimensi ini disebut akan menjadi yang pertama digelar di Indonesia. Para pengunjung dapat merasakan pengalaman berbelanja secara virtual lewat festival ini.

 

3 dari 3 halaman

Kolaborasi Telkomsel dengan Merek Lokal

Sebagai bagian dari program ini, Telkomsel juga akan menghadirkan Collaboration Product dengan ratusan merek lokal dan para seniman. Penggabungan dua identitas ini diharapkan dapat menghadirkan ide kreatif dan inovasi baru.

Adapun para seniman yang berpartisipasi dalam Collaboration Product dengan para merek tersebut atau pelaku UMKM adalah Owi Liunic, Sir Dandy, dan Hilarius Jason.

"Kami harap, melalui program Digital Creative Millennials dan upaya kolaboratif ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi para pelaku UMKM," tutur Denny menutup pernyataannya.

(Dam/Isk)