Sukses

Telkomsel dan TikTok Hadirkan Kuota Khusus dan Program Literasi Digital

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel dan TikTok mengumumkan kemitraan untuk meningkatkan pengalaman eksplorasi dan inspirasi paket internet. Kemitraan ini diwujudkan salah satunya dengan menghadirkan kuota khusus TikTok.

Kuota khusus TikTok dapat diakses pengguna di paket Kuota Ketengan, UnlimitedMax, dan Combo Sakti.

Upaya ini diharapkan mampu memudahkan pengguna untuk menyampaikan ekspresif melalui video singkat di TikTok, dengan akses cepat dan terjangkau.

Tak hanya itu, bersama TikTok, Telkomsel juga melaksanakan webinar bertema literasi digital mengenai potensi kejahatan siber di era digital dan tips untuk menjadi warga digital yang bijak.

Webinar ini akan diselenggarakan 5 November 2020, melibatkan peneliti dari Center for Digital Society (CfDS) dan pakar teknologi dan informasi Onno W Purbo.

Director od Business Development TikTok SEA, Vanessa Brown, mengatakan saat ini banyak orang beralih ke teknologi untuk membantu kehidupan sehari-hari. Menurutnya banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan TikTok untuk berkreasi.

2 dari 3 halaman

Pentingnya Literasi Digital

“Kami sangat menyambut baik kemitraan ini. Kami senang bisa bekerjasama dengan penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkomsel, untuk menghadirkan pengalaman terbaik kepada masyarakat Indonesia dalam mengekspresikan kreativitas, serta menggunakan internet dengan lebih positif," kata Brown.

VP Prepaid Consumer Telkomsel, Adhi Putranto, mengatakan, literasi digital menjadi penting untuk memberi pengalaman dalam menjalani gaya hidup digital.

"Telkomsel merasa antusias dalam menjalani kemitraan dengan TikTok karena kami memiliki kesamaan visi dalam menjaga kebermanfaatan internet bagi masyarakat," katanya, dalam keterangan yang diterima Rabu (28/10/2020).

Adhi mengatakan, Telkomsel membuka pintu pada stakeholder lain untuk menciptakan upaya kolaboratif untuk memberikan memberikan kenyamanan pemanfaatan internet dan teknologi di Indonesia melalui peningkatan literasi mengenai keamanan siber.

3 dari 3 halaman

Upaya Berkelanjutan

Sementara, Head of User and Content Operations TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra menyebut, peningkatan literasi digital perlu upaya berkelanjutan. Ia berharap dengan kemitraan ini ada lebih banyak orang yang bisa diedukasi.

TikTok sendiri telah dibekali dengan fitur untuk mendukung keamanan pengguna di dalam platform. Fitur keamanan tersebut meliputi, akun privat, filter komentar, Family Pairing, dan fitur pelaporan langsung.

TikTok juga mengadakan berbagai kerjasama dan kegiatan untuk mengedukasi pengguna tentang keamanan digital, antara lain tentang perundungan siber dan aman berinternet.

(Tin/Ysl)