Sukses

Instagram Perpanjang Durasi IG Live hingga 4 Jam

Liputan6.com, Jakarta - Instagram beradaptasi dengan cara pembuat konten memakai layanannya selama pandemi. Dengan persebaran virus corona baru, masyarakat kini dibatasi dalam mengadakan acara langsung, mulai dari konser, kelas, pertemuan, dan banyak lainnya.

Pengguna pun banyak yang beralih ke Instagram Live untuk siaran langsung. Untuk itu, Instagram memutuskan akan memperpanjang batas waktu untuk IG Live secara signifikan.

Mengutip Tech Crunch, Kamis (29/10/2020), batas waktu IG Live akan diperpanjang hingga 4 jam dari yang semula 1 jam. Perpanjangan durasi Instagram Live ini akan berlaku untuk seluruh pengguna di dunia.

Perubahan ini merupakan salah satu upaya perusahaan membantu pengguna yang harus membuat acara streaming dalam durasi panjang. Misalnya instruktur yoga, musisi, artis, aktivis, dan lain-lain.

Sekadar informasi, Instagram Live menjadi tempat bagi orang-orang berkumpul ketika ada musisi atau selebritas yang digemari tengah melakukan siaran langsung. Di Amerika Serikat (AS), penggunaan IG Live melonjak 70 persen ketimbang sebelum pandemi Covid-19.

Selain itu, banyak dari kreator IG Live yang memperpanjang sesi mereka setelah batasan waktu 60 menit yang diberikan Instagram selesai.

2 dari 3 halaman

Durasi Seperti Facebook Live

Perubahan tersebut setara dengan batas waktu yang ditawarkan pada Facebook Live di perangkat seluler yang durasi maksimalnya adalah 4 jam.

Sementara jika live streaming dilakukan dari desktop atau API, batas waktu Facebook Live adalah 8 jam.

Pemberian batas waktu IG Live hingga 4 jam ini bisa dinikmati pengguna Instagram mulai hari ini. Namun Instagram menyebut, mereka yang ingin Live hingga berjam-jam harus memiliki reputasi baik.

Artinya, akun tidak boleh memiliki riwayat pelanggaran hak kekayaan intelektual atau kebijakan layanan Instagram.

3 dari 3 halaman

Perbarui Bagian Pengarsipan

Terkait dengan perubahan ini, Instagram juga akan memperbarui bagian "Live now" di IGTV dan yang ada di akhir live streaming, guna mengarahkan pengguna ke lebih banyak konten live.

Dalam kesempatan yang sama, Instagram juga mengatakan akan segera menambahkan opsi yang memungkinkan kreator untuk mengarsipkan (archieve) live streaming mereka hingga 30 hari lamanya.

Sebelum bisa mengarsipkan live streaming-nya, para pengguna hanya bisa mempublikasikan live streaming mereka ke IGTV setelah live streaming.

Perusahaan menyebut, opsi baru untuk mengarsipkan IG Live akan memberikan pengalaman pengarsiapan yang ada di Stories atau Unggahan Feed. Bedanya, video live streaming diarsipkan akan langsung dihapus permanen setelah 30 hari.

(Tin/Isk)