Sukses

Cara Live Instagram di PC, Enggak Perlu Ribet Pakai Smartphone

Liputan6.com, Jakarta Di zaman sekarang ini, siapa sih yang enggak punya Instagram? Instagram saat ini merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan dan hits di kalangan anak muda. Tidak hanya itu, Instagram juga memilki banyak fitur yang bisa digunakan oleh penggunanya. Salah satunya adalah Live Instagram.

Sebelum rilis di Indonesia pada tahun 2017 lalu, di beberapa negara fitur ini telah hadir terlebih dahulu. Video siaran langsung di Instagram Stories tersedia untuk seluruh pengguna Instagram versi 10.0 ke atas. Kurang lebih 2 tahun setelah pertama kali dirilis, Live Instagram sudah menjadi fenomena tersendiri bagi penggunanya.

Sebenarnya fenomena ini bukan hal baru, sebelumnya Facebook sudah lebih dulu merilis fitur serupa untuk lebih memanjakan penggunanya. Tak dipungkiri, bahwa pergeseran tren di masyarakat saat ini mengarah pada video live streaming menjadi alasan munculnya fitur ini di Instagram.

Saat ini, fitur Live Instagram sudah bisa dengan mudah digunakan dengan menggunakan smartphone yang kamu punya. Namun, pernahkah kamu mencoba menggunakan fitur Live Instagram lewat PC atau laptop? Bagi kamu yang belum pernah mencoba cara Live Instagram di PC atau laptop, ternyata ada caranya lho. Berikut Liputan6.com rangkum cara Live Instagram di PC atau laptop, Senin (25/2/2019).

2 dari 3 halaman

Cara Live Instagram di PC

1. Cara Live Instagram di PC yang pertama adalah mendownload beberapa aplikasi. Salah satunya adalah aplikasi OBS (Open Broadcaster Software).

OBS sendiri merupakan software open source gratis yang bisa digunakan oleh orang-orang untuk melakukan kegiatan streaming ataupun recording layar desktop. Setelah itu download juga file PHP for Windows.

Pilih dan download sesuai versi PC kamu, baik itu 32bit atau 64bit. Jangan lupa juga download Composer, Tools Live Instagram PC, dan Curl.

2. Setelah download semua file dan software yang ada, kemudian instal aplikasi yang telah didownload. Pertama-tama, gabungkan file-file tersebut ke dalam satu folder (kecuali OBS).

Lalu kamu extract semua file yang berekstensi. Kemudian install juga Tool Live IG, setelah itu kamu InstalComposer-Setup.exe-nya.

3. Ketika menginstal, tidak perlu mengikuti Developer Mode, klik Next. Setelah itu akan muncul untuk Chose The Command Line.

Kemudian pilih Folder InstagramLive-PHP-master, lalu klik kanan Config.php, Open, pilih Select a progam from a list of installed progam, klik Ok.

4. Cara Live Instagram selanjutnya adalah ganti atau isi Username dan Password Instagram kamu. Pilih File dan kemudian pilih Save.

5. Buka folder Php for Windows yang sudah kamu extract tadi. Carilah file php.exe jika kamu tidak menemukannya, silakan cari file php.exe-production lalu rename menjadi php.exe. Lalu, pindahkan file cacert.pem yang sudah kamu download ke dalam folder ssl.

6. Pilih Start pada PC Desktop, ketik 'CMD' lalu pilih Run Administrator. Ketik cd C:InstagramLive-PHP-Master kemudian Enter.

3 dari 3 halaman

Cara Live Instagram di PC

7. Cara Live Instagram selanjutnya adalah ketik pada composer require mgp25/instagram-php react/child-process tekan Enter dan tunggu Process Download selesai. Ketik lagi pada Command Line-nya yaitu php -f goLive.php lalu Enter.

8. Setelah itu kamu akan mendapatkan Stream Key untuk Instagram akunmu. Kemudian buka OBS Studio-nya, pilih File dan pilih Seting, lalu pilih Tab Stream.

Silakan isi pada Stream Type pilih Custom Streaming Server. URL silakan masukkan rtmp://live-upload.instagram.com:80/rtmp/ untuk Stream Key. Silakan isi dengan Stream Key yang sudah kamu siapkan di Notepad tadi. Lalu Apply kemudian OK.

9. Jika ingin hasil video maksimal, kembali ke halaman utama, OBS Studio kamu. Atur Schene dan Capture yang ingin kamu tampilkan pada Live Streaming Instagram kamu.

10. Setelah itu klik OK dan pilih Start untuk memulai streamingmu. Live streaming sudah berjalan namun belum terpublish.

11. Untuk mempublish Live Instagram kamu, silahkan tekan Enter pada Command Line CMD. Setelah itu akan terbuka jendela baru yaitu PHP Command Line. PHP Command Line fungsinya adalah untuk memonitor aktivitas Live Streaming kamu baik Komentar atau kamu juga bisa membalasnya.

12. Dan Live Instagram sudah bisa kamu gunakan dengan PC atau laptop.

13. Jika kamu ingin mengakhiri live Streaming Instagram, silakan ketik STOP kemudian Enter pada PHP Command Line. Kemudian akan ada pertanyaan yaitu apabila kamu ingin menyimpan Live Streaming selama 24 jam ketik YES.

Silakan ketik YES lalu Enter, apabila kamu ingin menyimpan Live Story selama 24 jam. Kemudian ketik NO lalu Enter apabila kamu tidak ingin menyimpan sebagai Live Story.

Memang, terlihat agak rumit dan ribet. Namun perlu lebih teliti, karena salah sekali langkah saja bisa saja kamu tidak bisa menggunakannya.

Terpaksa harus mengulang lagi dari awal. Jadi, sebelum kamu mencoba menggunakan PC atau laptop untuk Live Instagram, pastikan setiap langkah yang kamu coba benar.

Loading
Artikel Selanjutnya
Harga Vivo Y35, Smartphone dengan Desain Super Stylish
Artikel Selanjutnya
Harga HP Blackberry OS Android Beserta Spesifikasinya