Sukses

Kamera Full Frame Android Zeiss ZX1 Akhirnya Bisa Dipesan, Harganya?

Kamera full frame Android Zeiss ZX1 akhirnya akan segera dirilis dan sudah bisa dipesan. Berapa harganya?

Liputan6.com, Jakarta - Zeiss ZX1 sudah dumumkan lebih dari dua tahun lalu, namun hingga saat ini belum juga ada di pasaran.

Kabar baiknya, kamera full frame Android ini akan segera hadir. Informasi ini datang dari distributor kamera B&H Photo yang mengirim email kepada DPReview bahwa Zeiss ZX1 sudah bisa dipesan dengan harga US$ 6.000 atau sekitar Rp 88,5 juta.

Untuk diketahui, sebagaimana dilansir The Verge, Senin (5/10/2020), kamera ini seharusnya dirilis pada awal 2019.

Soal spesifikasi, Zeiss ZX1 dilengkapi sensor full frame 37MP, lensa FIX 35mm f/2, jendela bidik elektronik, serta tiga dial untuk mengontrol aperture, kecepatan rana, dan ISO.

Kerennya lagi, kamera ini memiliki layar sentuh 4,3 inci dan menjalankan sistem operasi Android, termasuk versi built-in Adobe Lightroom sehingga kamu dapat mengedit langsung di perangkat itu sendiri.

Mengenai konektivitas dan penyimpanan, Zeiss ZX1 dipersenjatai koneksi Wi-Fi, USB-C, dan penyimpanan internal 512GB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pesaing Sony RX1 dan Leica Q2

Kamera tersebut bisa dikatakan layak dibandingkan dengan kamera saku Sony RX1, yang juga dilengkapi sensor full-frame dan lensa 35mm f/2 bermerek Zeiss.

Kamera ini dirilis pada tahun 2015 dengan harga US$ 3.300 (sekitar Rp 49 juta). Namun, kamera Sony tidak dilengkapi Lightroom, namun dimensinya jauh lebih kecil.

Perbandingan lain dalam segmen kamera compact full-frame premium adalah Leica Q2, yang dijual seharga US$ 4.995 (sekitar Rp 73,6 juta).

 

3 dari 3 halaman

Apakah Layak Dibeli?

Zeiss adalah rajanya optik dan performa ZX1 tentu tidak diragukan lagi, tetapi kamera ini mahal dan membuat Leica Q2 terkesan kamera murah.

Semuanya akan bergantung UX-nya dan seberapa efektif perangkat lunaknya bekerja. Sementara B&H Photo belum mencantumkan tanggal rilisnya.

(Isk/Why)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.