Sukses

Fitur Matikan Notifikasi Chat Selamanya di WhatsApp Group Kini Bisa Dicoba

Dengan fitur Always Mute, kamu bisa dengan mudah mematikan notifikasi chat di WhatsApp Group selamanya.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp baru saja menggulirkan pembaruan anyar melalui Google Play Beta Program, dengan membawa versi beta 2.20.201.10.

Dalam pembaruan ini WhatsApp mengaktifkan fitur yang disebut Always Mute. Ini merupakan opsi baru yang menggantikan pilihan matikan notifikasi chat "1 tahun".

Dengan fitur Always Mute, kamu bisa dengan mudah mematikan notifikasi chat di WhatsApp Group selamanya.

Diwartakan WABetaInfo, Sabtu (3/10/2020), fitur tersebut baru saja muncul untuk penguji beta sehingga mereka bisa mencobanya.

Jika belum muncul, harap bersabar dan kamu akan menerima opsi ini dalam beberapa hari ke depan.

Fitur Always Mute untuk mematikan notifikasi chat di WhatsApp Group selamanya. Dok: wabetainfo.com

Untuk diketahui, WhatsApp mengembangkan fitur Always Mute sejak Juli 2020. Fitur ini bermanfaat ketika pengguna ditambahkan ke sebuah grup tetapi tidak tertarik dengan obrolan di dalamnya.

Saat ini, pengguna hanya punya opsi untuk mematikan notifikasi chat di WhatsApp Group untuk 1 tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bocoran Fitur Baru WhatsApp, Always Mute hingga Media Guidelines

WhatsApp dikenal sebagai aplikasi chatting yang penuh kemudahan. Namun baru-baru ini, versi beta untuk WhatsApp diperbarui dengan kehadiran berbagai fitur, terinspirasi dari platform lain.

Misalnya pada minggu lalu, WhatsApp menghadirkan fitur bernama Expiring Media. Kemudian, dihadirkan pula fitur Catalogue Shortcut dan sebuah tombol panggilan yang diperbarui untuk obrolan bisnis.

Minggu ini, WhatsApp dikabarkan tengah menghadirkan fitur baru untuk Android dalam versi v2.20.201.10 beta.

Mengutip Gizmochina, Sabtu (3/10/2020), fitur yang dimaksud antara lain adalah opsi "Always Mute", "Storage Usage UI", "dan Media Guidelines".

WABetaInfo dalam laporannya pun menjabarkan fungsi berbagai fitur baru ini.

1. Always Mute

Ada kalanya aplikasi pesan dipenuhi dengan berbagai notifikasi yang membuat pengguna terganggu. WhatsApp pun menawarkan sebuah fitur bernama "Mute" untuk mengatasi hal ini.

Durasi terlama untuk mengaktifkan fitur "Mute" adalah selama 1 jam. Namun dalam versi beta terbaru, WhatsApp menambahkan opsi "Always Mute".

Sayangnya kehadiran Always Mute ini baru dalam versi Beta terbaru WhatsApp untuk Android. Belum informasi resmi apakah opsi ini akan hadir secara resmi untuk semua pengguna.

3 dari 4 halaman

2. Storage Usage

WhatsApp beta terbaru juga menghadirkan "Storage Usage" UI yang memiliki tampilan detail tentang penggunaan ruang penyimpanan, ketimbang sebelumnya. 

Pada tampilan baru ini, halaman bar menampung lebih banyak informasi storage. Di bawahnya ada opsi untuk membersihkan file yang sudah tidak diperlukan.

Ada pula ikon dua baris yang berisi file-file yang baru diterima serta dukungan untuk penyortiran.

4 dari 4 halaman

3. Media Guidelines

Terakhir, pada WhatsApp untuk Android Beta v2.20.201.10 juga menambahkan "Media Guidelines" yang memiliki fungsi seperti pada Instagram.

Media Guidelines ini membantu pengguna meluruskan stiker dan teks ketika mengedit gambar, video, dan GIF.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini