Sukses

Grab Umumkan Kelulusan 5 Finalis GVV Angkatan Ketiga

Liputan6.com, Jakarta - Grab Indonesia hari ini mengumumkan kelulusan lima finalis Grab Ventures Velocity (GVV) Angkatan 3. Pengumuman ini sekaligus mempertegas komitmen Grab dalam mendorong perkembangan ekosistem startup di Indonesia.

Untuk GVV Angkatan 3 ini, Grab meluluskan LunaPOS, Printerous, KlinknClean, GetCraft, dan Workmate. Adapun tema untuk tahun ini adalah 'Memberdayakan Pengusaha Mikro' dengan fokus pada 'Dukungan Usaha Kuliner'.

Lima startup tersebut sudah mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan kapabilitasnya lewat workshop, bimbingan one-on-one, dan menumbuhkan bisnisnya melalui akses pada basis merchant Grab.

Kelulusan tahun ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria br. Simanungkalit. 

Lalu, ada Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Semuel Abrijani Pangerapan, dan CEO BRI Ventures Nicko Widjaja sebagai mitra Grab Ventures.

"Selamat kepada lulusan GVV Angkatan 3 dan semoga Anda semua dapat terus memberikan dampak positif bagi UMKM untuk terus bertahan di tengah pandemi COVID-19 ini serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital," tutur Airlangga Hartanto dalam acara kelulusan ini.

Sementara itu, Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi menuturkan, program ini dirancang untuk membangun ekosistem startup yang lebih kuat di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. 

"Kami sangat bangga dengan lulusan GVV Angkatan 3 dan bersama dengan inovasinya kami dapat memanfaatkan teknologi untuk mendukung UMKM bertahan dari situasi ini dan mendukung program PEN," tuturnya.

2 dari 3 halaman

Aktivitas Para Finalis GVV Angkatan 3 Setelah Lulus

Setelah lulus dari program GVV, LunaPOS, Printerous, dan KliknClean akan terus memberdayakan UMKM dengan bergabung dalam ekosistem Grab sebagai mitra bisnis resmi.

Sejumlah startup ini akan turut berkontribusi dalam digitalisasi UMKM di "Solusi Mitra GrabMerchant', marketplace terbaru GrabMerchant bagi mitra resmi Grab.

Jadi, platform ini menyediakan layanan tambahan untuk merchant GrabFood mulai dari sistem POS, jasa kebersihan, dan solusi percetakan digital yang terjangkau. Para mitra merchant Grab dapat mengakses marketplace ini lewat widget di aplikasi GrabMerchant.

"Dengan saran dan rekomendasi strategis yang diberikan Grab selama GVV, kami dapat memahami kebutuhan UMKM sehingga kami dapat menganalisis dan memberikan solusi terbaik bagi mereka," tutur Co-founder dan CEO LunaPOS, Abdullah Lewis.

Nantinya, LunaPOS juga akan melakukan integrasi dengan GrabFood sehingga pesanan yang diterima oleh aplikasi GrabMerchant dapat langsung tercatat pada LunaPOS secara seamless dan otomatis.

3 dari 3 halaman

Kehadiran UMKM di Grab

Selama masa pandemi, Grab sendiri telah menyambut lebih dari 350 ribu UMKM dan lebih dari 32 ribu pedagang tradisional untuk mengembangkan bisnisnya.

Dengan pertumbuhan tersebut, Grab juga meluncurkan program 'Terus Usaha' untuk membantu UMKM dapat beradaptasi dalam kondisi normal baru ini.

Grab juga telah menandatangani nota kesepahaman dengan KemenkopUKM dan berharap dapat menjangkau lebih dari 400 ribu UMKM pada akhir 2020.

"Dengan dukungan dari para startup ini dan ekosistem yang kuat, kami sangat bersyukur dapat terus mendukung program #TerusUsaha dengan mendukung berbagai kebutuhan merchant GrabFood melalui marketplace Solusi Mitra GrabMerchant," tutur Neneng mengakhiri pernyataannya.

(Dam/Isk)