Sukses

Uni Eropa Bakal Setujui Akuisisi Google Terhadap Fitbit

Liputan6.com, Jakarta - Google pada November 2019 mengumumkan rencana mengakuisisi produsen fitness smartwatch, Fitbit. Proses akuisisi tersebut masih menunggu persetujuan regulator.

Dilansir dari GSM Arena, Kamis (1/10/2020), berdasarkan laporan baru dari Reuters, akuisisi senilai USD 2,1 miliar tersebut akan mendapatkan persetujuan antitrust dari Uni Eropa. Informasi ini berasal dari sumber yang diklaim mengetahui hal tersebut.

Privasi data pengguna tetap menjadi perhatian besar dalam akuisisi tersebut. Menurut laporan, Google akan membatasi penggunaan data Fitbit untuk layanan iklan perusahaan sambil terus memantau prosesnya.

"Kami akan meresmikan komitmen untuk mendukung manufaktur wearable lain pada Android, dan terus mengizinkan para pengguna Fitbit terhubung ke layanan pihak ketiga melalui API jika mereka menginginkannya," ungkap pihak Google dalam sebuah pernyataan.

2 dari 3 halaman

Jadwal Keputusan

Komisi Uni Eropa kini akan menyelidiki lebih lanjut respons dari persaingan dan konsumen, sebelum memutuskan apakah akan menyetujui atau menuntut lebih lanjut dari apa yang telah dikemukakan oleh Google. Keputusan dijadwalkan akan dibuat oleh komisi pada atau sebelum 23 Desember 2020.

Akuisisi Google terhadap Fitbit menunjukkan minat perusahaan untuk lebih fokus pada aspek wearable Android, yakni Wear OS.

3 dari 3 halaman

Google Resmi Umumkan Pixel 5 dan Pixel 4a 5G

Lebih lanjut, Google akhirnya resmi mengumumkan kehadiran dua smartphone 5G pertama miliknya, yaitu Pixel 5 dan Pixel 4a 5G. Seri baru Pixel tersebut hadir dengan kemampuan jaringan internet tercepat di dunia ini, yakni teknologi 5G.

Pixel 5 dan Pixel 4a 5G hadir dengan chipset Snapdragon 765G dan memori internal 128GB. Namun masing-masing hadir dengan RAM 8GB dan 6GB.

Tak hanya RAM, ukuran layar OLED keduanya pun tampil berbeda. Pixel 5 berukuran 6 inci, berkemampuan HDR+ dengan refresh rate 90Hz. Sementara untuk Pixel 4a 5G, ukuran layar 6,2 inci dan hanya mendukung kemampuan HDR.

Google akan menjual Pixel 5 ini seharga USD 699 atau sekitar Rp 10 jutaan. Pixel 4a 5G dibanderol USD 499 atau Rp 7,6 jutaan.

Pre-order keduanya sudah dibuka, tapi baru akan meluncur di pasar pada 15 Oktober 2020.

(Din/Why)