Sukses

WhatsApp Uji Coba Fitur Hapus Pesan Foto dan Video Otomatis

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dilaporkan tengah melakukan uji coba fitur menghapus pesan secara otomatis. Informasi ini diketahui dari laporan WABetaInfo beberapa waktu lalu. 

Dikutip dari XDA Developers, Rabu (23/9/2020), kali ini uji coba ditujukan untuk pesan dalam bentuk media. Jadi, foto, video, maupun GIF yang dikirimkan, akan dapat terhapus secara otomatis. 

Uji coba fitur ini sebenarnya bukan kali pertama dilakukan WhatsApp. Sebelumnya, aplikasi milik Facebook juga melakukan uji coba serupa untuk pesan teks. 

Meski sama-sama hadir dengan kemampuan menghapus pesan secara otomatis, kemampuan menghapus pesan dalam bentuk media ini berbeda dari teks. 

Dari bocoran yang diterima, pengirim pesan WhatsApp tidak dapat mengatur durasi pesan, sebelum terhapus otomatis. Karenanya, pesan akan langsung hilang, begitu penerima meninggalkan laman percakapan. 

Nantinya, media yang terhapus juga tidak akan muncul dengan keterangan 'This media has expired'. Oleh sebab itu, begitu pesan terhapus tidak ada jejak yang menandakan keberadaannya.

Berdasarkan tangkapan layar pula diketahui media yang akan terhapus secara otomatis, akan memiliki tampilan berbeda dari media biasa.

Dengan kata lain, penerima akan mengetahui bahwa media yang dikirimkan akan dihapus setelah dirinya meninggalkan laman percakapan.

Mengingat fitur ini masih dalam pengembangan, belum diketahui kapan WhatsApp akan menggulirkannya untuk para pengguna. Untuk itu, menarik menunggu pengumuman resmi dari perusahaan. 

2 dari 3 halaman

WhatsApp Siap Luncurkan Fitur Satu Akun untuk Banyak Perangkat

Sebelum ini, tersiar kabar tim WhatsApp sedang bersiap untuk merilis fitur dukungan satu akun untuk beberapa perangkat sekaligus.

Dikutip dari WABetaInfo, Senin (21/9/2020), fitur ini sudah masuk dalam tahap akhir pengembangan, dan selanjutnya akan diluncurkan pada fase open beta.

Bagi pengguna yang sudah masuk atau mengunduh versi beta aplikasi pesan milik Facebook tersebut, maka akan bisa mencoba fitur tersebut di beberapa hari mendatang.

Informasi, fitur ini akan memungkinkan satu akun WhatsApp dapat terhubung ke empat perangkat dalam waktu yang bersamaan.

3 dari 3 halaman

Ditunggu Sejak 2009

Lebih lanjut, pengguna WhatsApp di berbagai negara sebenarnya sudah menantikan dukungan ke beberapa perangkat sekaligus sejak aplikasi ini diluncurkan pada 2009.

Sinkronisasi antar perangkat yang dapat dipakai dalam waktu bersamaan di WhatsApp saat ini masih belum dapat dilakukan.

Saat ini, WhatsApp hanya mengizinkan satu perangkat untuk terhubung ke sebuah akun. WhatsApp versi desktop pun hanya dapat bekerja jika digabungkan dengan aplikasi yang berjalan di smartphone.

(Dam/Why)