Sukses

Review Oppo Reno4: Desain Kekinian, Kamera Bikin Makin Kreatif

Liputan6.com, Jakarta - Awal Agustus lalu, Oppo merilis smartphone Reno4 ke Indonesia. Perangkat ini hadir sebagai penerus Oppo Reno3 yang dirilis masih di tahun 2020.

Perangkat Oppo Reno4 hadir dengan peningkatan dari segi desain, kamera, performa, dan berbagai fitur pendukungnya. Seperti apa? Berikut adalah review Reno4.

1. Desain

Oppo Reno4 hadir dengan desain lebih kekinian ketimbang Reno3 yang dirilis Maret lalu. Perangkat ini memiliki layar 6,4 inci dengan resolusi 2.400x1.080 piksel dengan rasio 20:9, dengan bagian layar dilindungi Gorilla Glass 3.

Pada bagian layar pula, Reno4 menghadirkan desain berbeda untuk kamera selfie. Pada Reno4 terdapat punch hole di bagian sudut kiri atas layar dengan dua kamera.

Oppo Reno4 hadir dengan dual punch-hole di sisi kiri atas layar untuk menempatkan kamera selfie (Liputan6.com/Agustin Setyo W)

Pada tiap sisi kiri, Reno4 hadir dengan tombol volume up dan down. Di atasnya, ada baki SIM yang memuat dua SIM card dan satu slot microSD card.

Oppo Reno4, tombol volume dan slot SIM card(Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Pada sisi kanan smartphone, terdapat sebuah tombol power.

Oppo Reno4, tombol Power (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Lalu di sisi atas, terdapat sebuah lubang kecil yang berfungsi sebagai mikrofon.

Pada sisi bawah, terdapat jack audio 3,5mm, port USB tipe C untuk mengisi daya, dan sebuah speaker.

Oppo Reno4, dibekali jack audio, port USB type C, dan speaker di sisi bawah. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sekadar informasi, tiap sisi Reno4 ini memiliki bentuk yang agak rounded. Ketebalan perangkat pun hanya 7,7mm dengan bobot 165 gram, membuatnya jadi nyaman digenggam.

Unit yang kami review adalah Oppo Reno4 varian warna Galactic Blue. Di sini, bodi belakang Galactic Blue ini merupakan warna gradasi biru di bagian tengah dan paduan warna putih agak silver di bagian ujung kanan atas dan kiri bawah.

Oppo memberikan sentuhan akhir tekstur matte dengan detail kilauan halus yang membuatnya terlihat lebih premium. Perangkat ini nyaman digenggam dan tidak licin.

Pada bodi belakang bagian kiri atas, terdapat modul kamera. Oppo menyematkan 4 kamera di Reno4, terdapat tiga kamera yang memiliki tampilan menonjol dan sebuah kamera berukuran kecil, serta LED flash.

Bodi belakang Oppo Reno4 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Logo Oppo ditempatkan di sisi kanan bawah smartphone.

2 dari 5 halaman

2. Performa dan Baterai

Oppo Reno4 didukung dengan chipset Snapdragon 720G dengan kemampuan yang dimaksimalkan.

Qualcomm secara resmi memperkenalkan tiga chipset anyar, yakni Snapdragon 720G, 662, dan 460. (sumber: Qualcomm)

Dukungan chipset ini memberikan peningkatan performa 46 persen dibandingkan Reno3.

Perangkat ini juga didukung dengan RAM 8GB dan memori internal 128GB.

Bicara performa, berdasarkan pengalaman kami, perangkat cukup cekatan dalam mengerjakan berbagai perintah sekaligus. Membuka banyak aplikasi sekaligus pun tidak membuat perangkat lemot.

Kami juga menguji performa Reno4 dengan memainkan gim COD Mobile dan Mobile Legend. Hasilnya perangkat ini dapat memainkan gim dengan baik.

Main gim COD Mobile pakai Oppo Reno4 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)Main Mobile Legend dengan Reno4 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Ketika dipakai untuk ngegim selama 1 jam, bodi belakang Reno4 juga tidak panas.

Berdasarkan pengalaman, ketika dipakai main gim, perangkat ini mampu menghasilkan grafis tinggi dengan frame rate yang tinggi pula.

Gim COD Mobile di Reno4 (Liputan6.com/Agustin Setyo W)

Reno4 memiliki baterai 4.015 mAh lengkap dengan dukungan pengisian daya cepat VOOC 4.0 30 watt.

Dengan pengisian daya VOOC ini, mengisi daya penuh Reno4 hanya perlu dilakukan dalam waktu kurang dari 1 jam.

Sementara, untuk penggunaan normal seperti main gim, media sosial, foto-foto dan perekaman video, perangkat ini bisa dipakai hingga seharian.

3 dari 5 halaman

3. Kamera

Reno4 didukung empat kamera utama, masing-masing adalah 48MP sensor 1/2" inci F1.7, lensa 8MP ultra wide angle sensor 1/4" aperture f2.2, lensa makro 2MP sensor 1/5" dan aperture f2.4, serta lensa mono 2MP sensor 1/5" dan aperture f2.4.

Berbagai fitur yang ada di kamera utama Reno4 antara lain adalah ultra steady video 3.0, ultra dark mode, Ultra 108MP clear image, AI color potrait mode, dan monochrome video.

Reno4 juga mendukung perekaman slow motion 960fps di resolusi 720p dan 480fps di resolusi 1080P.

Sementara kamera selfie Reno4 memiliki lensa 32MP dan kamera 1,2MP untuk mendukung fitur AON Smart Sensor.

Kemampuan yang diusung antara lain adalah ultra steady video, ultra night selfie, AI Color Portrait Mode, video slow motion, dan front ultra steady video.

Berdasarkan pengalaman kami, kamera Reno4 mampu membidik foto-foto yang bagus, termasuk foto di malam hari berkat dukungan ultra dark mode.

Hasil foto Reno4 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)Hasil foto Reno4 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)Hasil foto Reno4 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)Hasil foto Reno4 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)Hasil foto Reno4 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Perekaman video juga didukung dengan monochrome video membuat pengguna bisa lebih kreatif dalam merekam konten.

Hasil foto Reno4 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Malam hari

Foto di bawah ini tanpa menggunakan Ultra Night Mode:

Hasil foto Reno4 malam hari (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Foto malam hari dengan memakai Ultra Night Mode:

Hasil foto Reno4 malam hari, dengan Night Mode (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Foto malam hari dengan menggunakan Ultra Night Mode:

Hasil foto Reno4 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

4 dari 5 halaman

4. Fitur Tersembunyi di Oppo Reno4

Memaksimalkan kemampuan di Snapdragon 720G, Reno4 didukung kemampuan AI (kecerdasan buatan) dibanding pendahulunya yang diterapkan di berbagai fitur. Beberapa fitur pintar tersembunyi yang ada di Reno4 antara lain adalah:

- Anti Dimata-matai

Ketika Reno4 menerima pesan, sensor pintar yang memakai kecerdasan buatan diklaim mampu mengidentifikasi pemilik ponsel. Hanya pemilik ponsel yang wajahnya terdaftar yang bisa membuka perangkat.

Jika bukan pemilik ponsel, konten notifikasi akan disembunyikan guna melindungi privasi pengguna. Cara kerjanya, jika hanya satu wajah yang terdeteksi, kamera utama akan dihidupkan untuk mengidentifikasi wajah pemilik. Jika benar, barulah pesan akan ditampilkan.

Namun jika sensor mendeteksi lebih dari satu orang, notifikasi akan ditampilkan tetapi konten tak ditampilkan.

- Kendali dengan Gestur Udara

Reno4 diklaim jadi smartphone pertama yang menghadirkan full screen gesture berkat fitur Smart AirControl. Dengan begitu, pengguna bisa berinteraksi dengan Reno4 tanpa menyentuh layar.

Pengguna bisa menggunakan gerakan tangan naik dan turun untuk mengontrol aplikasi YouTube, TikTok, Facebook, dan Instagram.

Fitur ini juga memungkinkan pengguna menjawab telepon tanpa menyentuh layar.

- Indentifikasi Wajah Pengguna Secara Terus Menerus

Oppo menghadirkan fitur Smart Always On Display, fitur ini bisa mengidentifikasi wajah pengguna yang terus mengamati perangkat. Sehingga, layar tidak mati.

Ketika dalam kondisi cahaya redup, algritma pencerahan khusus akan membuat sensor bekerja lebih baik sehingga sensor tetap hidup dan berfungsi baik.

5 dari 5 halaman

5. Kesimpulan

Oppo Reno4 hadir sebagai salah satu pilihan smartphone di rentang harga Rp 5 juta yang menawarkan performa mumpuni untuk mendukung penggunaan sehari-hari.

Perangkat ini bisa jadi opsi bagi kamu ingin membeli smartphone di rentang harga Rp 5 juta.

Kelebihan:

1. Bodi nyaman digenggam, pas di tangan, dan tidak berat ataupun tebal. Desain layar pun menarik

2. Dukungan pengisian cepat VOOC 4.0 30W, memungkinkan isi daya penuh dalam kurang dari 1 jam

3. Kamera mumpuni mendukung pembuatan konten foto maupun video menjadi lebih kreatif

4. RAM dan memori besar

Kekurangan:

1. Minimnya fitur NFC

(Tin/Isk)