Sukses

Gim Among Us Kian Populer di Kalangan Gamer, Kok Bisa?

Liputan6.com, Jakarta Popularitas gim indie Among Us tidak dimungkiri sedang berada di puncaknya. Hal itu dapat dilihat dari jumlah unduhan gim ini yang terus meningkat dalam beberapa bulan terakhir, berdasarkan laporan SensorTower.

Menurut laporan itu, jumlah unduhan Among Us versi mobile pada Agustus 2020 mencapai 18,4 juta kali. Jumlah ini naik hampir delapan kali lipat dari Juli 2020 yang hanya mencatat 2,4 juta unduhan.

Lalu di September 2020, gim ini mencatatkan 41,9 juta unduhan. Tidak hanya di perangkat mobile, gim ini termasuk salah yang populer di Steam dan memiliki 268 ribu pemain aktif.

Padahal seperti dikutip dari Game Spot, Minggu (20/9/2020), Among Us besutan InnerSloth ini sudah rilis pada 2018 atau dua tahun lalu. Adapun kisah dalam gim ini mirip dengan permainan Werewolf atau Mafia.

Jadi, ada empat hingga 10 pemain yang berperan sebagai anggota pesawat luar angkasa yang akan terbang. Namun ada satu pemain acak yang terpilih menjadi alien penyusup dan bertugas mengacaukan penerbangan tanpa ketahuan.

Kepopuleran gim ini sendiri disebut tidak lepas dari ulasan positif para streamer di Twitch dan menjadi salah satu gim favorit di platform tersebut, bersama dengan sejumlah gim populer lain, seperti Fortnite dan Minecraft.

Sejumlah akun streamer kenamaan, seperti Sodapoppin, Pewdiepie, Shroud, dan Ninja juga diketahui memainkan gim multiplayer party ini. Hal itu yang secara tidak langsung meningkatkan popularitasnya.

Di sisi lain, beredarnya banyak meme Among Us di Twitter dan Reddit harus diakui membuat banyak warganet yang penasaran. Lalu akhirnya mereka menjajal gim ini.

2 dari 3 halaman

Siap Hadirkan Sekuel

InnerSloth juga mengumumkan tengah menyiapkan sekuel dari gim ini. Namun mereka memang belum menetapkan jadwal rilis dari gim tersebut.

Mengingat kepopulerannya saat ini, InnerSloth memang tengah berupaya membuat gim Among Us 2 dengan tetap mempertahankan yang sudah diperoleh sekarang.

Oleh sebab itu, tim pengembang mengakui sulit untuk menambahkan sejumlah hal baru, tanpa merusak hal yang sudah ada.

 

3 dari 3 halaman

Pertahankan Gaya Permainan

Kendati demikian, pengembang memastikan inti permainan yang dihadirkan saat ini tetap dipertahankan. Jadi, gim ini akan tetap menawarkan aksi para kru melawan penipu di pesawat mereka.

Namun InnerSloth memastikan akan melakukan peningkatan, mulai dari keseimbangan tim, pengaturan tim, hingga moderasi tambahan. Ada pula rencana untuk menghadirkan peran baru, tapi memang belum diungkap saat ini.

(Dam/Ysl)