Sukses

Google Rilis Android 11 Go, Aplikasi di Ponsel Murah Jadi 20 Persen Lebih Cepat

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja meluncurkan Android 11 Go edition yang ditujukan untuk smartphone entry level. Perilisan Android 11 Go edition ini dilakukan setelah Android 11 resmi hadir awal minggu ini.

Google menjanjikan, Android 11 Go edition bakal membuat kinerja aplikasi 20 persen lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya.

Dengan Android 11 Go edition ini, pengguna bisa dengan mudah berpindah ke aplikasi lain tanpa khawatir perangkat nge-lag. Demikian seperti dikutip dari ZDNet, Sabtu (12/9/2020).

Seperti sistem operasi baru Google tersebut, pembaruan Android 11 Go edition ini menghadirkan peningkatan dari segi privasi.

Misalnya dengan adanya izin one-time, membuat pengguna bisa memberikan izin akses aplikasi ke sensor spesifik seperti mikrofon, kamera, atau lokasi hanya untuk satu kali.

Peningkatan privasi lainnya termasuk izin auto-reset untuk aplikasi yang sudah tidak dipakai selama beberapa waktu tertentu.

2 dari 3 halaman

Hadirkan Fitur Safe Folder

Android 11 Go juga memperkenalkan Safe Folder, fitur baru yang mengizinkan pengguna melindungi file tertentu agar tidak diakses, tanpa PIN 4-digit.

Update ini juga memungkinkan perangkat dengan Android 11 Go mendapatkan akses ke navigasi berbasis gerakan atau gesture.

Android 11 Go akan tersedia untuk semua perangkat baru dengan memori RAM 2GB.

3 dari 3 halaman

Tentang Android Go

Sekadar informasi, Android Go pertama kali diluncurkan pada 2017. Menurut Google, lebih dari 100 juta perangkat di seluruh dunia telah menggunakan sistem operasi ini.

Ketika sistem operasi ini pertama kali diluncurkan, tujuan Google adalah untuk memastikan pengguna dengan latar belakang ekonomi rendah bisa tetap mengakses teknologi.

"Untuk memastikan miliaran orang mengakses komputer, sangat penting agar perangkat entry-level memiliki semua fungsi yang sama dengan smartphone yang dapat memakai web browser dan memakai aplikasi," kata Direktur Produk Manajemen Android Sagan Kamdar.

(Tin/Ysl)