Sukses

Google Umumkan Android 10 Go, Lebih Aman dan Cepat

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja mengumumkan versi terbaru dari Android Go yang hadir dengan sejumlah peningkatan. Bagi kamu yang belum mengenalnya, Android Go merupakan sistem operasi mobile yang ditujukan untuk perangkat dengan spesifikasi terbatas.

Dikutip dari The Verge, Minggu (29/9/2019), Android 10 (Go Edition) ini hadir dengan peningkatan mulai dari kecepatan dan keamanan. Dalam versi terbaru ini, transisi aplikasi dapat dilakukan dengan lebih cepat dengan penggunaan memori lebih efisien.

Menurut Google, aplikasi yang diluncurkan di Android 10 (Go Edition) ini lebih cepat 10 persen dari versi sebelumnya. Tidak hanya itu, Google juga memperbarui sistem keamanan di sistem operasi ini.

Lewat Android 10 Go, perusahaan untuk kali pertama membekalinya dengan Adiantum. Sekadar informasi, Adiantum merupakan standar enkripsi baru dari Google yang ditujukan untuk perangkat kelas bawah.

Adapun sistem ini pertama kali diperkenalkan pada awal 2019. Google menuturkan, Adiantaum memiliki kemampuan lima kali lebih cepat dari sistem enkripsi AES yang biasanya ada di perangkat Android kebanyakan.

Sejak diperkenalkan pada 2018, Google menuturkan Android Go sudah digunakan di 1.600 perangkat yang berasal dari 500 manufaktur dan tersedia di lebih dari 180 negara.

Sistem operasi ini dapat ditemukan di sekitar 80 persen perangkat Android entry level. Google menuturkan perangkat pertama yang menjalankan Android 10 Go akan mulai diperkenalkan menjelang akhir tahun ini.

2 dari 3 halaman

Google Resmi Gulirkan Android 10

Google akhirnya resmi menggulirkan Android 10 sebagai sistem operasi mobile terbaru besutannya. Sebelumnya, versi terbaru ini memiliki nama Android Q, sesuai pola penamaan alfabetis Android.

Seperti biasanya, deretan smartphone yang dapat menjajal Android 10 paling awal adalah lini Pixel. Dikutip dari Phone Arena, Rabu (4/9/2019), seluruh model Pixel dipastikan mendapatkan pemutakhiran ke Android 10 pada 3 September.

Dengan kata lain, model Pixel pertama hingga lini Pixel 3a dapat langsung merasakan Android 10. Model lain yang dipastikan mendapat kesempatan ini adalan Essenstial Phone, meski baru berlaku untuk model terpilih.

3 dari 3 halaman

Informasi Seputar Android 10

Sementara menurut Google, rekanan manufaktur lain akan mendapatkan Android 10 pada akhir tahun ini. Namun, tidak ada informasi mengenai manufaktur atau model smartphone yang dimaksud.

Android 10 sendiri hadir dengan sejumlah peningkatan fitur, mulai dari teknologi, sistem keamanan dan privasi, termasuk desain. Salah satu fitur yang tersedia adalah dukungan bawaan untuk perangkat layar lipat.

Selain itu, navigasi berbasis gestur juga tampil baru dan membuat pengalaman memakai smartphone lebih baik. Fitur lain yang tidak kalah ditunggu-tunggu kehadirannya di Android adalah Dark Mode.

Beberapa pembaruan yang juga hadir di Android paling anyar ini adalah peningkatan fitur adaptive battery, update sistem dan keamanan yang lebih cepat, termasuk kontrol privasi yang lebih menyeluruh. 

(Dam/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Microsoft Resmi Matikan Windows 10 Mobile
Artikel Selanjutnya
Huawei Bakal Rilis Serangkaian Perangkat HarmonyOS Tahun Depan