Sukses

Huawei Umumkan Jadwal Rilis EMUI 10 Berbasis Android 10

Liputan6.com, Jakarta - Huawei akhirnya mengungkap jadwal rilis EMUI 10 berbasis Android 10 untuk perangkatnya. Pengumuman ini digelar di salah satu sesi Huawei di ajang IFA 2019.

Dikutip dari Tech Radar, Kamis (12/9/2019), Huawei memastikan Android 10 juga akan diterima oleh beberapa model smartphone Honor. Adapun jadwal rilis Android 10 dimulai menjelang akhir tahun ini.

Perangkat Huawei pertama yang akan mencicipi Android 10 pertama kali adalah P30 dan P30 Pro. Kedua smartphone itu akan mendapatkan EMUI 10 pada Desember 2019.

Setelah itu, pada Desember 2019, daftar smartphone yang akan memperoleh pembaruan ini adalah Mate 20, Mate 20 Pro, Mate 20 RS, Mate 20X (4G), Honor 20, Honor View 20, dan Honor 20 Pro.

Untuk tahun depan, Android 10 akan menyambangi P30 Lite, seri P20, dan seri Mate 10. Menurut jadwal, pembaruan akan dilepas pada Maret 2020.

Lantas, pada kuartal kedua 2020, EMUI 10 akan hadir untuk model seri lain yang belum diungkap kepastiannya oleh Huawei hingga saat ini.

Perlu diketahui, EMUI 10 sebenarnya akan tersedia bersamaan dengan peluncuran Huawei Mate 30 pada 19 September 2019. Dengan kata lain, saat rilis nanti, Mate 30 sudah menjalankan Android 10

Kendati demikian, kemungkinan besar smartphone tersebut tidak hadir dengan aplikasi bawaan Google. Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman resmi Huawei terkait ketiadaan aplikasi bawaan Google di smartphone anyar itu.

2 dari 3 halaman

EMUI 10 Versi Beta Meluncur

Perlu diketahui, EMUI 10 versi beta sebenarnya baru saja meluncur. Menurut Senior Manager EMUI Product Marketing Huawei Consumer Business Group, James Lu, EMUI 10 hadir dengan sejumlah peningkatan dari versi sebelumnya.

James mengatakan setidaknya ada tiga peningkatan yang dilakukan Huawei untuk EMUI 10, mulai dari sisi desain, performa, hingga perangkat.

"Untuk EMUI 10, kami mengadopsi prinsip-prinsip desain di majalah, seperti headline yang lebih lapang, ruang antar baris yang dibuat lebih lenggang," tutur James menjelaskan.

Selain itu, bentuk ikon aplikasi di EMUI 10 dibuat lebih seragam, tidak seperti sekarang yang masih berbeda-beda. Huawei juga menerapkan palet warna dari Giorgio Morandi.

Lewat EMUI 10, Huawei juga memungkinkan pengguna untuk mengakses smartphone-nya langsung dari PC. Jadi, pengguna dapat mengakses termasuk mengoperasikan smartphone lewat PC berbasis Windows.

"Namun untuk fitur ini, belum dapat dipastikan kehadirannya. Adapun fitur ini hanya mendukung sejumlah smartphone Huawei dengan Huawei Mate Book," ujar James.

Terakhir, dari sisi performa, EMUI 10 dipastikan menawarkan pengalaman lebih gesit, tanpa mengorbankan kenyamanan pengguna. Rencananya, seri smartphone Huawei yang pertama kali menjajal EMUI 10 berbasis Android 10 ini adalah P30 dan P30 Pro. 

3 dari 3 halaman

Huawei Optimistis Harmony OS Tuai Sukses di Masa Depan

Sebelumnya, Huawei juga resmi memperkenalkan sistem operasi anyar besutannya yang diberi nama Harmony OS. Sistem operasi baru ini menjadi solusi Huawei untuk tren perangkat pintar di masa depan.

Menurut Senior Manager EMUI Product Marketing Huawei Consumer Business Group, James Lu, di masa depan tren perangkat pintar tidak hanya berpusat di smartphone, melainkan banyak perangkat pintar dengan beragam model berbeda.

"Harmony OS merupakan solusi untuk kebutuhan perangkat pintar di masa depan yang berasal dari merek berbeda, tapi tetap memberikan pengguna pengalaman mulus," tuturnya saat berbicara dengan awak media di Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Oleh karena itu, menurut James, Harmony OS memiliki kesempatan besar di masa depan. Terlebih, sistem operasi ini ditujukan untuk beragam perangkat pintar dan diprediksi akan menjadi ekosistem yang saling mendukung di masa depan.

(Dam/Why)

Loading
Artikel Selanjutnya
Twitter Tunda Peluncuran Lights Out untuk Android
Artikel Selanjutnya
Video Review Google Pixel 4 XL Muncul di YouTube