Sukses

Google Resmi Gulirkan Android 10

Liputan6.com, Jakarta - Google akhirnya resmi menggulirkan Android 10 sebagai sistem operasi mobile terbaru besutannya. Sebelumnya, versi terbaru ini memiliki nama Android Q, sesuai pola penamaan alfabetis Android.

Seperti biasanya, deretan smartphone yang dapat menjajal Android 10 paling awal adalah lini Pixel. Dikutip dari Phone Arena, Rabu (4/9/2019), seluruh model Pixel dipastikan mendapatkan pemutakhiran ke Android 10 pada 3 September.

Dengan kata lain, model Pixel pertama hingga lini Pixel 3a dapat langsung merasakan Android 10. Model lain yang dipastikan mendapat kesempatan ini adalan Essenstial Phone, meski baru berlaku untuk model terpilih.

Sementara menurut Google, rekanan manufaktur lain akan mendapatkan Android 10 pada akhir tahun ini. Namun, tidak ada informasi mengenai manufaktur atau model smartphone yang dimaksud.

Android 10 sendiri hadir dengan sejumlah peningkatan fitur, mulai dari teknologi, sistem keamanan dan privasi, termasuk desain. Salah satu fitur yang tersedia adalah dukungan bawaan untuk perangkat layar lipat.

Selain itu, navigasi berbasis gestur juga tampil baru dan membuat pengalaman memakai smartphone lebih baik. Fitur lain yang tidak kalah ditunggu-tunggu kehadirannya di Android adalah Dark Mode.

Beberapa pembaruan yang juga hadir di Android paling anyar ini adalah peningkatan fitur adaptive battery, update sistem dan keamanan yang lebih cepat, termasuk kontrol privasi yang lebih menyeluruh.

2 dari 3 halaman

HMD Global Ungkap Jadwal Kehadiran Android 10 untuk Nokia

Salah satu manufaktur yang sudah mengumumkan kehadiran Android 10 untuk smartphone-nya adalah HMD Global. 

Informasi ini langsung dicuitkan oleh Chief Product Officer HMD Global, Juho Sarvikas. Menurut Sarvikas, Android 10 akan mulai digulirkan untuk smartphone Nokia pada kuartal empat 2019.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat (23/8/2019), gelombang pertama yang akan mendapatkannya adalah Nokia 9 PureView, Nokia 8.1, dan Nokia 7.1. Setelahnya, gelombang kedua akan mulai dirilis pada kuartal pertama 2020.

Pada tahap ini, deretan smartphone yang akan mendapatkannya adalah Nokia 8 Sirocco, Nokia 5.1 Plus, Nokia 1 Plus, Nokia 4.2, Nokia 3.2, Nokia 3.1 Plus, dan Nokia 2.2.

Terakhir, Nokia 5.1, Nokia 3.1, Nokia 2.1, dan Nokia 1 akan mendapatkan Android 10 pada kuartal dua 2020.

Nokia 8 sendiri tidak masuk dalam daftar smartphone yang mendapat Android 10, sehingga besar kemungkinkan pembaruan OS untuk perangkat itu sudah dihentikan.

3 dari 3 halaman

Alasan Google Ganti Nama Android 10

Dikutip dari The Verge, Jumat (23/8/2019), Android anyar yang rilis tahun ini akan memakai nama Android 10.

Penamaan dengan angka ini dipastikan akan berlanjut, sehingga versi Android tahun depan akan diberi nama Android 11 dan seterusnya.

Keputusan mengganti nama Android tidak lepas dari umpan balik para pengguna. Menurut VP of Product Management Android Sameer Samat, pemakaian nama dessert untuk Android ternyata tidak selalu dimengerti oleh masyarakat global.

Dia mencontohkan, di beberapa bahasa, pengucapan L dan R yang tidak jauh berbeda ternyata menciptakan efek tersendiri untuk Android.

Samat menuturkan, tidak jarang saat nama Android Lollipop diucapkan, masih ada orang yang tidak mengetahuinya sebagai penerus KitKat.

"Lebih sulit bagi pengguna Android baru, yang tidak mengetahui pola penamaan ini. Jadi, mereka sulit mengetahui apakah smartphone-nya menjalankan versi terbaru," tulis Samat.

Sejumlah itu, beberapa makanan yang digunakan untuk nama Android ternyata tidak familiar bagi sejumlah orang.

Sebagai contoh, pie tidak termasuk dessert di sejumlah wilayah dan marshmallow tidak terlalu populer di banyak tempat di dunia.

"Sebagai sistem operasi global, penting untuk memakai nama yang jelas dan dipahami oleh semua orang. Jadi, untuk rilis Android selanjutnya, Android akan dipanggil sebagai Android 10," tulis Samat. 

(Dam/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Inikah Smartphone Pertama di Dunia yang Pakai Snapdragon 865?
Artikel Selanjutnya
Pengamat: Masyarakat Belum Kenal Ragam Ponsel BM