Sukses

Google Akhirnya Ungkap Nama Baru Android Q, Apa Itu?

Liputan6.com, Jakarta - Google akhirnya mengumumkan nama dari Android terbaru yang dikenal saat ini Android Q. Pengumuman ini terbilang mengagetkan sebab perusahaan memutuskan untuk tidak lagi memakai nama makanan penutup (dessert) untuk Android.

Seperti diketahui, hingga sekarang, Android selalu memakai nama makanan penutup dan diatur urut berdasarkan abjad. Namun mulai saat ini, pola penamaan itu resmi ditinggalkan.

Dikutip dari The Verge, Jumat (23/8/2019), Android anyar yang rilis tahun ini akan memakai nama Android 10. Dengan kata lain, sistem operasi mobile yang rilis tahun depan akan diberi nama Android 11 dan seperti itu seterusnya.

Keputusan untuk mengganti nama ini tidak lepas dari umpan balik para pengguna. Menurut VP of Product Management Android, Sameer Samat, pemakaian nama dessert untuk Android ternyata tidak selalu dimengerti oleh masyarakat global.

Dia mencontohkan, di beberapa bahasa, pengucapan L dan R yang tidak jauh berbeda ternyata membuat pengguna cukup sulit membedakan versi Android.

Samat menuturkan, tidak jarang saat nama Android Lollipop diucapkan, cukup banyak orang yang tidak mengetahuinya sebagai penerus KitKat.

"Lebih sulit lagi untuk bagi pengguna Android baru, yang tidak mengetahui pola penamaan ini. Jadi, mereka sulit mengetahui apakah smartphone-nya menjalankan sistem terbaru," tulis Samat.

Sejumlah itu, beberapa makanan yang digunakan untuk nama Android ternyata tidak familiar bagi sejumlah orang. Sebagai contoh, pie tidak termasuk dessert di sejumlah wilayah dan marshmallow tidak terlalu populer di banyak tempat di dunia.

"Sebagai sistem operasi global, penting untuk memakai nama yang jelas dan dipahami oleh semua orang. Jadi, untuk rilis selanjutnya, Android akan dipanggil sebagai Android 10," tulis Samat menjelaskan perubahan ini.

2 dari 3 halaman

Menebak Nama Android Q

Keputusan Google untuk mengubah penamaan ini sekaligus mengakhiri spekulasi mengenai nama yang akan dipakai di Android Q. 

Sebelumnya, seperti dikutip dari The Verge, sebenarnya ada beberapa kandidat camilan berawalan huruf Q untuk menjadi nama resmi Android Q.

Nama-nama camilan ini berasal dari seluruh dunia, seperti Qurabiya, Quindim, Queen of Puddings, Qottab, Quesito, Queijandinha, Quirks, dan Quince.

Namun dengan kepastian perubahan ini, nama-nama tersebut sudah tidak lagi digunakan untuk Android. 

Menurut informasi yang dilansir Android Authority, alasan Google memilih nama camilan untuk sistem operasinya semata-mata karena ketidaksengajaan.

Dijelaskan juru bicara Google, Randall Sarafa, konsep sistem operasi Android dengan nama camilan tercetus secara tidak sengaja dari tim kreatif internal Google.

"Ini terjadi tidak sengaja, pokoknya kami tiba-tiba saja spontan mencetuskan nama camilan. Jadi, setiap sistem operasi dirilis kami selalu mencari nama camilan secara alfabetis," kata Sarafa.

3 dari 3 halaman

Daftar Lengkap Nama Sistem Operasi Android

Sekadar informasi, kini sudah ada sebelas nama sistem operasi Google yang diambil dari camilan manis dan hidangan penutup.

Android 1.0 dan 1.1 dinamai Android Alpha dan Beta. Barulah setelahnya muncul Android 1,5 dengan nama Cupcake untuk Android C.

Berikut daftar lengkap nama Android secara alfabet:

Android 1.0 : Android Alpha

Android 1.1 : Android Beta

Android 1.5 : Android Cupcake

Android 1.6 : Android Donut

Android 2.0-2.1 : Android Eclair

Android 2.2-2.2.3: Android Froyo

Android 2.3-2.3.7: Android Gingerbread

Android 3.0-3.2.6:Android Honeycomb

Android 4.0-4.0.4: Android Ice Cream Sandwich

Android 4.1.-4.3.1: Android JellyBean

Android 4.4-.4.4.4: Android KitKat

Android 5.0-5.1.1: Android Lollipop

Android 6.0-6.0.1: Android Marshmallow

Android 7.0-7.1.2: Android Nougat

Android 8.0: Android Oreo

Android 9: Android Pie

(Dam/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Google Akan Ungkap Perangkat Baru Selain Pixel 4 pada 15 Oktober, Apa?
Artikel Selanjutnya
Google Bakal Mungkinkan Pencarian dengan Hasil Screenshot