Sukses

Google Resmi Luncurkan Android 11

Liputan6.com, Jakarta - Google akhirnya secara resmi meluncurkan update untuk sistem operasi (operating system, OS) buatannya, yakni Android 11.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Android 11 akan meluncur lebih dulu untuk perangkat Google Pixel, seperti seri Pixel 2, Pixel 3, Pixel 3A, Pixel 4, dan Pixel 4A.

Selain seri Pixel, Android 11 juga bisa diunduh untuk ponsel OnePlus, Oppo X2 dan Reno 3 melalui program open beta mereka masing-masing, sebagaimana dikutip dari The Verge, Rabu (9/9/2020).

Google mengatakan, Android 11 akan meluncur ke lebih banyak mitra vendor dan smartphone lain dalam beberapa bulan mendatang.

Sayang, perusahaan tidak mengungkap tanggal pasti kapan Android 11 ini akan meluncur secara global.

Android 11 sendiri hadir dengan sejumlah fitur baru, walaupun secara keseluruhan, update kali ini tidak terlalu fokus pada fungsionalitas baru.

Akan tetapi, raksasa mesin pencari itu lebih fokus pada pengalaman pengguna mengoptimalkan kemampuan smartphone lewat Android 11 ini.

 

2 dari 3 halaman

Fitur Baru di Android 11

Android 11. Dok: androidpolice.com

Salah satu perubahan besar yang hadir di Android 11 adalah bagaimana Google mengelompokkan notifikasi dari aplikasi perpesanan ke bagian mereka sendiri.

Tak hanya itu, Google juga menambahkan bubble interface serupa dengan Facebook Messenger sehingga lebih mudah diakses.

Fitur lain yang juga Google tambahkan, termasuk kendali media baru, tampilan screenshot yang baru, dan menu kendali smart home (dapat diakses dengan menekan lama tombol power).

Selain itu, perusahaan juga kini memperkenalkan pengaturan permission (izin) yang lebih ketat, dan masih banyak lagi.

 

3 dari 3 halaman

Ada Fitur Eksklusif di Seri Pixel

Pembaruan Android 11. Dok: androidpolice.com

Meski Android 11 juga tersedia di beberapa ponsel di pasaran saat ini, Google tetap sejumlah fitur eksklusif untuk perangkat Pixel mereka.

Adapun fitur tersebut, termasuk AR-location, fungsi Google Smart Reply yang terintegrasi di Gboard ke lebih banyak aplikasi chatting, dan folder pintar.

(Ysl/Isk)