Sukses

Gandeng XL, Dikti Hadirkan Paket Internet Murah untuk Mahasiswa dan Dosen

Ditjen DIKTI mengumumkan kerja sama dengan XL Axiata yang dilakukan melalui proses simbolis penandatangan nota kesepahaman yang dilakukan secara virtual dalam bentuk webinar.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menyelenggarakan kerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi untuk memudahkan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran online.

Kali ini, Ditjen DIKTI mengumumkan kerja sama dengan XL Axiata. Hal itu itu dilakukan dengan proses simbolis penandatangan nota kesepahaman yang dilakukan secara virtual dalam bentuk webinar.

Dirjen DIKTI, Nizam, mengatakan senang atas kerja sama yang terjalin. Menurutnya, kehadiran teknologi saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari, meski banyak yang mengalami kendala dalam pembiayaan.

“Biaya dalam pemanfaatan teknologi ini menjadi concern kami, tidak dapat dipungkiri bahwa pada masa pandemi ini beban pulsa mendadak berlari seperti kereta cepat, maka kerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi sangat dibutuhkan demi kelancaran proses pembelajaran jarak jauh,” ujar Nizam dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (27/8/2020).

Oleh sebab itu, Nizam mengatakan kerja sama semacam ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan proses pembelajaran dosen dan mahasiswa. Bahkan, dia menginginkan seluruh insan perguruan tinggi bisa mendapatkan layanan semurah mungkin dengan jangkauan seluas mungkin.

“Kami sudah survei bahwa rata-rata kebutuhan penggunaan data untuk pembelajaran jarak jauh adalah 50GB per-bulan, sedangkan daya beli masyarakat untuk kuota di bawah Rp 100.000, maka dari itu perlu disediakan layanan internet seramah mungkin sesuai dengan kantong mahasiswa,” ungkap Nizam.

Dengan kerja sama ini, XL pun meluncurkan paket data dengan harga terjangkau yang dapat dimanfaatkan mahasiswa maupun dosen. Menurut Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto, paket ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dan pendidik saat belejar online.

“Kami memiliki komitmen yang kuat untuk turut andil dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia bersama dengan Ditjen Dikti. Paket data ini khusus kami siapkan untuk mahasiswa dan pengajar dan terbuka untuk seluruh universitas dan perguruan tinggi yang ada di Indonesia," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Paket Data untuk Mahasiswa dan Dosen

Lebih lanjut Feby menuturkan, melalui kerja sama dengan ini, XL Axiata juga memberikan solusi digital yang didedikasikan bagi dunia pendidikan berupa paket dengan kuota khusus dan aplikasi kolaborasi selama masa pandemi.

Melalui paket ini, mahasiswa dan pendidik akan mendapatkan kuota spesifik untuk tujuan pembelajaran jarak jauh tanpa khawatir kehabisan kuota karena terpakai penggunaan lain.

XL Axiata juga sudah berkerja sama dengan berbagai penyedia Learning Management System (LMS) dan bermitra dengan institusi pendidikan lainnya untuk menambah manfaat yang akan didapatkan oleh pelajar dan pendidik.

3 dari 3 halaman

Paket Data 30GB untuk Pelajar dan Mahasiswa dari XL Axiata

Di sisi lain, XL Axiata juga memiliki program lain yang mendukung pembelajaran jarak jauh. Program ini berupa paket internet khusus dengan kartu AXIS, yang memungkinkan para pelajar dan mahasiswa mendapatkan kuota data gratis sebesar 30GB untuk aplikasi yang sering digunakan selama belajar online.

Feby mengatakan paket khusus ini sudah mulai dibagikan gratis kepada sekolah-sekolah dan kampus di Indonesia, untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh. Adapun kuota 30GB ini dibagi dalam dua paket, yakni Kuota Conference dan Kuota Edukasi.

Sesuai namanya, Kuota Conference dapat digunakan untuk mengakses aplikasi yang biasa dipakai guru mengirimkan materi atau bahan pelajaran, termasuk mengirimkan tugas.

Jadi, kuota ini dapat dimanfaatkan untuk Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom.

Selanjutnya, kuota 15GB lainnya merupakan Kuota Edukasi, yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang menyediakan bahan pendukung pelajaran seperti Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu.

Kuota ini juga bisa dipergunakan untuk mendapatkan materi belajar yang disediakan Rumah Belajar Kemendikbud dan Spada Indonesia Kemendikbud. 

Sebagai tambahan, paket internet bagi pelajar ini dilengkapi dengan bonus kuota games sebesar 1GB per hari. Lalu, ada 6GB kuota chat dan m-payment di WhatsApp, LINE, OVO, Gojek, dan Grab, 12.000 menit telepon ke semua nomor AXIS & XL, hingga 4GB bonus sureprize yang dapat ditukar di aplikasi AXISnet.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini