Sukses

Galaxy A51 dan Galaxy A71 Hadir dengan Warna Baru, Kini Dukung Fitur Khas Premium

Liputan6.com, Jakarta - Setelah diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada awal 2020, Samsung kini menghadirkan kembali Galaxy A71 dan Galaxy A51 dengan tampilan baru. Dalam tampilan baru ini, kedua smartphone itu hadir dengan balutan warna anyar haze crush silver.

Namun tidak hanya warna anyar, versi terbaru Galaxy A71 dan Galaxy A51 ini juga dibekali fitur terkini yang sebelumnya dikenal hanya ada di seri premium Samsung. Fitur anyar tersebut adalah Pro Mode yang ditingkatkan dan Single Take.

"Yang membedakan dari haze crush silver adalah warna dan finishing. Jadi, warna ini lebih soft dan bebas bekas sidik jari, dibandingkan versi glossy. Dengan finishing ini, smartphone pun lebih enak digenggam," tutur Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Irfan Rinaldi, dalam konferensi pers, Rabu (29/7/2020).

Kehadiran warna anyar ini sejalan pula dengan sasaran konsumen dari kedua smartphone tersebut, yakni anak muda. Dengan warna bergaya haze, Irfan mengatakan, kedua smartphone memiliki tampilan terkini dan terlihat kian premium dengan warna kontras yang ada di frame-nya.

Sementara untuk pembaruan di fitur Pro Mode, Irfan menuturkan, kini baik Galaxy A71 dan Galaxy A51 hadir dengan deretan fungsi profesional yang lebih beragam dibandingkan sebelumnya. Jadi, ada setelan untuk color grading, shutter speed, white balance, auto focus, hingga exposure value.

Lalu untuk fitur Single Take, pengguna dimungkinkan untuk mengambil beberapa ragam foto dan video dalam sekali tekan. Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada seri Galaxy S20.

"Jadi, nantinya ada delapan hasil foto, mulai dari video dan foto. Ada video boomerang, fast forward, lalu untuk foto ada hasil dengan best angle dan black&white," tutur Irfan melanjutkan.

Melalui pembaruan ini, Samsung juga menghadirkan fitur anyar Quick Share yang dapat mempermudah pengguna berbagi file. Terakhir, ada fitur Music Share yang memungkinkan Galaxy A71 dan Galaxy A51 menjadi host untuk terhubung dengan perangkat audio nirkabel.

 

2 dari 4 halaman

Pre-order Galaxy A71 dan Galaxy A51

Peluncuran Samsung Galaxy A51 dan Galaxy A71. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Lebih lanjut Irfan menuturkan, pre-order untuk kedua smartphone ini sudah dibuka sejak 27 Juli hingga 2 Agustus. Adapun harga untuk Galaxy A71 adalah Rp 6.499.000, sedangkan Galaxy A51 dibanderol Rp 4.999.000.

Selama masa pre-order ini, konsumen akan mendapatkan sejumlah bonus tambahan, seperti layanan YouTube Premium secara gratis maupun Vidio. Khusus untuk Galaxy A71 konsumen juga mendapatkan Galaxy Buds seharga Rp 1.898.000 dan power bank 10.000mAh untuk Galaxy A51.

Bersama dengan peluncuran varian anyar ini, Samsung sekaligus mengumumkan dukungan pada gelaran Piala Kemenpora Esports 2020. Jadi, Samsung akan menjadi sponsor resmi kompetisi esports tersebut.

"Samsung menunjukkan komitmennya dalam perkembangan skena esports di Indonesia. Oleh karena itu, setelah sukses bekerja sama dalam Piala Presiden Esports, pada Piala Kemenpora Esports 2020 ini, kami bekerja sama lagi," tutur President IESPL Giring Ganesha.

 

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Galaxy A71

Tampilan depan Galaxy A71. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Meski hadir dengan fitur baru, spesifikasi keduanya masih sama dengan versi sebelumnya. Karenanya, baik Galaxy A71 dan Galaxy A51 baru sama-sama dibekali kemampuan seperti baterai tahan lama yang dibekali kemampuan fast charging, quad camera, layar Super AMOLED Infinity O, dan fitur NFC dan Samsung Pay.

Untuk Galaxy A71 sendiri, smartphone ini memiliki layar berukuran 6,7 inci. Kinerja perangkat ini ditopang dengan prosesor Snapragon 730G dan RAM 8GB serta memori internal 128GB.

Galaxy A71 menghadirkan baterai berkapasitas 4.500mAh dengan fitur pengisian daya cepat 25 watt.

Adapun kebutuhan fotografi didukung smartphone ini memiliki kamera 64MP dengan aperture F1.8, kamera depth sensor 5MP dengan aperture F2.2, kamera macro 5MP dengan aperture f2.4 untuk mengambil foto dari jarak dekat, dan kamera ultra wide 123 derajat dengan resolusi 12MP dan aperture F2.2.

Sementara kemampuan selfie-nya diserahkan pada lensa 32MP dengan aperture F2.2.

 

4 dari 4 halaman

Galaxy A51

Tak jauh berbeda, Galaxy A51 hadir dengan desain Infinity O menggunakan layar super AMOLED 6,5 inci.

Dari sisi fotografi pun Galaxy A51 hadir dengan empat kamera utama. Masing-masing adalah kamera utama 48MP dengan aperture F2.0, kamera depth sensor 5MP dengan aperture F2.0, kamera macro 5MP dengan aperture F2.4, dan kamera ultra wide 12MP dengan F2.2.

Adapun kamera selfienya didukung sensor 32MP dengan aperture F2.2.

Perangkat ini memiliki baterai dengan kapasitas 4.000mAh yang didukung fitur pengisian daya cepat 15 watt. Samsung sendiri membenamkan prosesor Exynos 9611 di Galaxy A51 untuk mendukung kinerjanya, dipadukan dengan RAM 6GB dan memori 128GB.

(Dam/Ysl)