Sukses

Review Samsung Galaxy A31: Baterai Tahan Lama dan Layar Ciamik

Cek ulasan singkat Tekno Liputan6.com mengenai Samsung Galaxy A31 di artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy A31 varian anyar telah resmi diperkenalkan. Lewat versi terbaru ini, Galaxy A31 hadir dengan opsi RAM 8GB menambah varian 6GB yang lebih dulu diperkenalkan.

Meski versi lebih tinggi sudah hadir di pasaran, bukan berarti varian RAM 6GB hilang begitu saja. Karenanya, tim Tekno Liputan6.com pun berkesempatan mengulas singkat Galaxy A31 versi RAM 6GB.

Dalam pembahasan ini, kami tidak mengupas lebih lanjut mengenai desain maupun isi boks penjualan. Sebab, informasi tersebut dapat kamu temukan di artikel berikut ini.

Performa

Pembahasan awal mengenai Samsung Galaxy A31 adalah layar yang dimilikinya. Samsung menggunakan layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci pada smartphone ini.

Tampilan One UI 2.1 di Samsung Galaxy A31 (Liputan6.com/ Agustinus M. Damar)

Dengan spesifikasi itu pengalaman menikmati konten di smartphone ini menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Berbekal bentang layar yang terbilang cukup luas, keluaran video yang ditampilkan pun termasuk apik.

Lalu untuk kebutuhan penggunaan sehari-hari, Galaxy A31 harus diakui dapat diandalkan. Terlebih, dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, smartphone ini dapat bertahan digunakan seharian dengan kondisi baterai 100 persen.

Sementara untuk kebutuhan bermain gim, smartphone ini mampu melakukannya dengan baik. Saat menjajalnya, kami mencoba beberapa gim, seperti Call of Duty, Mobile Legends, hingga gim kasual seperti Sonic Forces.

Hasilnya, Samsung Galaxy A31 dapat menjalankan seluruh gim itu dengan baik. Usai digunakan untuk bermain gim pun suhu yang dihasilkan tidak terlalu panas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kamera

Galaxy A31 hadir dengan empat kamera belakang, dengan lensa utama beresolusi 48MP. Saat digunakan untuk memotret dalam kondisi cukup cahaya, hasil foto yang ditampilkan terbilang detail dan apik.

Terlebih, ketika mengaktifkan resolusi 48MP, hasil foto yang dihasilkan memiliki warna yang lebih tajam. Menariknya lagi, kemampuan kamera makro smartphone ini ternyata dapat menghasilkan foto yang bagus, meski tidak terlalu spesial.

Salah satu poin yang mungkin menjadi pertimbangan adalah absennya modus Night untuk mendukung pengambilan foto dalam kondisi minim cahaya. Berikut ini adalah beberapa hasil foto dari Galaxy A31.

Hasil tangkapan kamera utama Samsung Galaxy A31 (Liputan6.com/ Agustinus M. Damar)Hasil tangkapan kamera ultra-wide Samsung Galaxy A31. (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)Hasil tangkapan kamera belakang Samsung Galaxy A31 di waktu malam dengan pengaturan brightness dikurangi. (Liputan6.com/ Agustinus M. Damar)Hasil tangkapan kamera utama Samsung Galaxy A31 dengan mode 48MP (Liputan6.com/ Agustinus M. Damar)Hasil tangkapan kamera makro Samsung Galaxy A31 (Liputan6.com/ Agustinus M. Damar)

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Kesimpulannya, Galaxy A31 dapat menjadi pilihan menarik bagi kamu yang menginginkan smartphone dengan daya tahan tinggi dan memberikan pengalaman multimedia mumpuni.

Alasannya, berbekal baterai 5.000mAh dan layar Super AMOLED dengan resolusi Full HD+, kebutuhan itu dapat dipenuhi. Hal itu didukung pula dengan bentang layar yang cukup luas, tapi tetap nyaman dalam genggaman.

Soal gaming pun, smartphone ini harus diakui dapat melakukannya dengan baik, mulai dari gim kasual hingga kelas menengah.

Adapun hal yang perlu menjadi pertimbangan adalah absennya fitur Night mode yang mungkin dapat diandalkan saat foto dalam kondisi minim cahaya.

Selain itu, bagi kamu yang merasa membutuhkan RAM lebih besar, Galaxy A31 kini sudah hadir dengan varian 8GB. Jadi, opsi tersebut dapat menjadi pilihan kamu yang menginginkan kemampuan multitasking lebih mumpuni.

Untuk fitur tambahan, Galaxy A31 sudah hadir dengan fitur pemindai sidik jari dan NFC. Smartphone ini menjalankan Android 10 dengan balutan One UI 2.1.

Sebagai informasi, harga Galaxy A31 varian 6GB kini dibanderol dengan harga 3.999.000 di beberapa situs, setelah diskon dari Rp 200 ribu dari harga awal. Sementara varian 8GB dibanderol dengan harga Rp 4.499.000.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.