Sukses

Datascrip Hadirkan Printer Portabel Canon PIXMA TR150 untuk Dukung New Normal

Liputan6.com, Jakarta - Canon melalui PT Datascrip memperkenalkan printer portabel baru, yakni PIXMA TR150. Menurut Direktur Divisi Canon PT Datascrip Merry Harun, printer ini dapat menjadi pendamping para profesional dengan mobilitas tinggi.

"Dengan printer portabel ini, profesional yang sudah bekerja dari luar dan membutuhkan printer dapat dengan mudah membawanya," tutur Merry dalam konferensi pers yang digelar virtual, Kamis (18/6/2020).

Selain itu, printer ini dapat menjadi salah satu perangkat pilihan untuk menunjang adaptasi kehidupan baru (new normal), yang mana masyarakat diimbau untuk membawa peralatannya sendiri saat beraktivitas.

Meski printer portabel, Canon PIXMA TR150 memiliki kemampuan mencetak yang cukup cepat. Sebab, printer ini hadir sebagai printer bisnis, sehingga memiliki kemampuan yang lebih cepat ketimbang printer biasa.

Sebagai penunjang mobilitasnya, printer ini hidup dengan menggunakan baterai, tidak perlu lagi terhubung dengan sumber listrik tambahan.

Marketing Executive Datascrip Canon Division Andryan Pranata mengatakan printer ini dapat mencetak dari berbagai sumber, mulai dari smartphone, laptop, hingga tablet yang terhubung dengan router atau memanfaatkan kabel USB.

"Hal baru yang ada di PIXMA TR150 yang tidak ada di pendahulunya adalah kemampuan untuk menyimpan hingga lima template dokumen yang sering dipakai. Jadi, pengguna tinggal menekan printer untuk mencetaknya," tuturnya.

 

2 dari 3 halaman

Kemampuan Canon PIXMA TR150

Mengingat printer ini portabel dan mudah dibawa, Canon juga menyertakan fitur Anti Theft Lock. Jadi, pengguna dapat mengamankannya dari upaya pencurian saat sedang digunakan.

Printer ini juga dibekelai dengan layar berukuran 1,44 inci untuk menampilkan beberapa informasi, seperti kapasitas tinta yang tersedia atau kualitas jaringan Wi-Fi.

Lalu untuk kemampuan mencetaknya, PIXMA TR150 mampu mendukung kertas berukuran A4 dengan pencetakan borderless atau tanpa bingkai. Printer ini mendukung dua kartrid, berwarna maupun hitam.

3 dari 3 halaman

Targetkan 1.000 Printer Hingga Akhir Tahun

Menurut Andryan, pasar printer portabel di Indonesia sendiri sebenarnya cukup tersegmentasi. Data dari GfK 2019 melaporkan ada sekitar 1.800 printer portabel dari seluruh brand yang terjual tahun lalu.

"Kalau untuk Canon sendiri menargetkan 1.000 unit untuk PIXMA TR150 yang dapat dijual mulai dari bulan pertengahan tahun ini hingga akhir 2020," tuturnya menjelaskan.

Alasannya, penggunaan printer portabel memang tengah meningkat terutama dengan kondisi Work from Home saat ini. Karenanya, pemakaian printer yang mudah dibawa pulang sangat dibutuhkan.

Untuk harga, Datascrip memiliki dua opsi penjualan PIXMA TR150. Pertama untuk pembelian tanpa baterai, printer ini dibanderol dengan harga Rp 4.774.000, sedangkan penjualan dengan baterai adalah Rp 6.138.000.

"Kami juga menjual baterai untuk PIXMA TR150 terpisah dengan harga Rp 2.013.000," ujar Andryan.

Rencananya, printer ini sudah dapat ditemukan akhir bulan ini atau paling lambat pada awal Juli 2020.

(Dam/Isk)