Sukses

3 Browser Alternatif Pengganti Chrome di Android

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pengguna Android, Google Chrome merupakan browser (peramban) bawaan yang sudah langsung terpasang saat perangkat dinyalakan.

Namun, pernahkah kamu merasa penasaran seperti apa rasanya menggunakan browser selain Chrome di smartphone atau tablet Android?

Tidak seperti sistem operasi iOS di perangkat Apple, Google memberikan opsi kepada penggunanya untuk menggunakan web browser pilihan mereka yang dapat diunduh via Play Store.

Dari sekian banyak aplikasi di Play Store, browser apa saja yang menawarkan fitur lengkap dan mampu mengganti Chrome di perangkat Android?

Berikut adalah 3 aplikasi browser alternatif pengganti Google Chrome di Android sebagaimana dikutip dari Android Police, Senin (8/6/2020).

 

2 dari 4 halaman

1. Mozilla Firefox

Kini, Mozilla sudah resmi melepas Firefox Quantum untuk seluruh pengguna (sumber: Mozilla)

Saat ini, sebagian besar browser yang tersedia untuk Android dibuat berdasarkan pada Chromium, versi open-source dari Google Chrome.

Itu berarti peramban yang ada saat ini akan memuat laman web dam kinerja yang hampir sama. Namun, Firefox berbeda dari browser Android lainnya.

Browser buatan Mozilla ini memiliki mesin rendering yang dibuat khusus, dan diperbarui dengan codebase teranyar.

Tidak seperti versi sebelumnya, Firefox saat ini memiliki performa yang cepat dan mendukung serangkaian ekstensi terbatas.

Menariknya, pengguna juga dapat menyinkronkan semua data yang ada di browser Firefox versi desktop.

 

3 dari 4 halaman

2. Dolphin Browser

Dolphin Browser

Awalnya browser Chrome yang kami gunakan di Android sudah cukup memadai. Namun hal ini berubah saat menggunakan Dolphin.

Tersedia secara gratis untuk Android, Dolphin sangat cepat saat digunakan untuk membuka situs halaman.

Bernavigasi di tiap situs pun dapat dilakukan dengan cepat, berkat user interface browser yang mudah digunakan.

Agar lebih mudah menggunakan browser, Dolphin menawarkan beberapa add-on yang cukup lengkap, seperti Dolphin Translate, DolphinBattery Saver, Dolphin Tap Reload, dan lainnya.

 

4 dari 4 halaman

3. DuckDuckGo

Mesin pencari DuckDuckGo. (Foto: DuckDuckGo)

Kamu mungkin sudah tahu, DuckDuckGo merupakan browser yang fokus pada privasi. Namun, tahukah kamu perusahaan itu juga memiliki peramban?

Browser DuckDuckGo di Android memang tidak terlalu banyak fiturnya, namun tetap mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan saat jelajah internet di smartphone atau tablet.

Walau begitu, peramban ini secara otomatis akan memblokir script yang mampu melacak semua kegiatan penggunaan browser.

Tak hanya itu, browser ini juga akan langsung menghapus cookies setiap kali kamu menutup tab. Karena menggunakan mesin rendering bawaan Android, performa DuckDuckGo mampu bersanding dengan Chrome.

(Ysl/Why)