Sukses

WhatsApp Bakal Hadirkan Fitur Enkripsi untuk Backup Data di iCloud

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp telah menerapkan fungsi end-to-end encryption untuk percakapan di aplikasinya. Namun fitur itu sebenarnya belum tersedia untuk fungsi backup di layanan cloud, seperti iCloud.

Dengan kata lain, pencadangan data percakapan WhatsApp di layanan cloud, seperti iCloud, belum dilindungi fitur keamanan. Karenanya, masih ada celah keamanan untuk data WhatsApp di layanan tersebut.

Meski saat ini belum tersedia, menurut laporan WABetaInfo, WhatsApp berencana untuk mengubahnya. Jadi, WhatsApp akan menghadirkan pula dukungan keamanan untuk data yang dicadangkan iCloud.

Dikutip dari Forbes, Senin (25/5/2020), fitur keamanan ini baru tersedia di WhatsApp versi beta untuk iOS dan akan digulirkan dalam waktu dekat.

Apabila benar hadir, kehadiran fitur ini jelas akan mendukung secara keseluruhan keamanan WhatsApp, tidak hanya percakapan yang ada di dalam aplikasi.

Dengan fitur ini pula, berdasarkan keterangan yang ada, WhatsApp akan menghadirkan fitur enkripsi untuk riwayat percakapan yang ada di iCloud, termasuk media di dalamnya. Untuk sekarang, fitur ini memang baru diketahui hadir di iOS dan kemungkinan versi Android akan menyusul.

Sekadar informasi, WhatsApp sendiri memang sudah menyatakan data yang dicadangkan di layanan cloud tidak dilindungi. Hanya, banyak pengguna yang tidak menyadari hal tersebut. 

2 dari 3 halaman

Tambah Kontak via QR Code Akan Jadi Fitur Terbaru WhatsApp

Sebelumnya, WhatsApp juga dilaporkan kembali menambah sejumlah fitur di layanannya. Terkini, menambah kontak via QR Code akan menjadi fitur terbaru WhatsApp.

Mengutip WABetainfo, Senin (25/5/2020), pada pembaruan teraktual kelak, setiap pengguna WhatsApp akan memiliki satu QR Code unik.

Pada versi beta terakhir aplikasi, QR Code itu dapat ditemukan di menu Setelan (Settings) dan pengguna cukup mengetuk ikon QR Code tepat di samping nama penggunanya.

Perlu diperhatikan, ketika pengguna berbagi QR Code miliknya, itu sama artinya dengan berbagi nomor WhatsApp miliknya. Oleh sebab itu, sebaiknya pikir dua kali ketika hendak berbagi QR Code itu terutama ke media sosial.

3 dari 3 halaman

Messenger Rooms Sudah Muncul di WhatsApp Versi Beta

Tidak hanya itu, WhatsApp dilaporkan akan menggulirkan salah satu fitur anyar yang cukup signifikan di aplikasinya. Fitur tersebut adalah integrasi dengan Facebook Messenger Rooms.

Integrasi ini seperti dikutip dari NDTV, Minggu (17/5/2020), diketahui dari WhatsApp beta versi 2.20.163. Menurut laporan, integrasi ini sudah tersedia untuk beberapa pengguna beta, dan akan digulirkan bertahap. 

Hanya untuk sekarang, fitur ini baru berfungsi bagi pengguna WhatsApp di Amerika Serikat. Sementara untuk pengguna di wilayah lain akan mendapatkan integrasi ini secara bertahap dalam beberapa minggu ke depan.

Nantinya, akses ke layanan Messenger Rooms ini dapat ditemukan di ikon sheet yang ada di laman chatting. Selain itu, opsi akses ke layanan Messenger Room juga dapat dibuka melalui ikon kamera di WhatsApp.

Terakhir, fitur Messenger Rooms dapat diakses pula dari tab Calls, mirip saat melakukan panggilan biasa. Namun perlu diketahui, bukan berarti layanan Rooms dapat digunakan melalui WhatsApp.

Pengguna nantinya tetap akan diarahkan ke aplikasi Messenger untuk dapat mengakses Rooms. Sebagai informasi, ini muncul tidak lama setelah Facebook menggulirkan fitur Messenger Room secara global.

(Dam.Why)