Sukses

Awal Ramadan, Sahur dan Imsak Jadi Topik Populer di Twitter

Mengawali Ramadan tahun ini, berbagai kicauan tentang Ramadan tampak berada di daftar twit populer.

Liputan6.com, Jakarta - Umat muslim mulai hari ini, Jumat (24/4/2020) hingga sebulan ke depan akan menjalankan ibadah puasa. Mengawali Ramadan tahun ini, berbagai kicauan tentang Ramadan tampak berada di daftar twit populer.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Jumat (24/4/2020), #sawityowit, Sahur, #RamadanMubarak, dan Imsak bertengger di posisi lima besar Indonesia trends pada pagi hari ini. Tagar #sawityowit atau sahur with your twit, merupakan cuitan guyon yang biasanya berisikan tebak-tebakan plesetan.

Para pengguna Twitter mengunggah ucapan selamat menjalankan ibadan puasa, dan harapan mereka di bulan Ramadan ini dengan twit-twit tersebut. Berikut beberapa di antaranya:

"#RamadanMubarak to all celebrating. May this month be filled with love, blessings and peaceDizzy symbol. I’ll miss celebrating with my community this year," tulis pengguna dengan akun harpreetgill__.

"Setelah berapa tahun Ramadan di rantauan, akhirnya bareng keluarga. Tahun depan kita sahur bareng ya," twit dari @ariefbudimanl66.

"Been following #sawityowit since 2011. thank you for coming back, anak Twitter lama must be so glad," demikian twit dari @titanafilia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Instagram Semarakkan Ramadan Tahun Ini dengan Kampanye Bulan Kebaikan

Selain Twitter yang disemarakkan dengan nuansa Ramadan, sejumlah media sosial lain juga turut membuat momen ini semakin spesial.

Instagram misalnya, menggelar kampanye global #MonthofGood atau #BulanKebaikan untuk Ramadan pada tahun ini. Kampanye ini terinspirasi dari penggunaan kata "donasi" yang meningkat 300 persen selama sebulan terakhir.

Melalui kampanye tersebut, Instagram ingin mengajak para pengguna untuk mengingat hal baik dan berbagi kebaikan melalui layanannya.

"Tema ini diangkat secara global dengan tujuan kami ingin pengguna bisa lebih berbagi dengan orang-orang terdekatnya. Untuk kata 'donasi' sendiri meningkat 300 persen, dan itu tinggi sekali," ungkap Communication Manager Instagram untuk Asia Pasifik, Putri Silalahi, Selasa (21/4/2020).

Melalui kampanye bertema #MonthofGood ini, Instagram meluncurkan beberapa inisiatif di Indonesia untuk membantu masyarakat menjalankan ibadah di Ramadan selama imbauan menjaga jarak sosial karena pandemi Covid-19.

Salah satunya dengan merilis AR filter Rayakan di Instagram. Instagram bekerja sama dengan kreator konten Noorman Fakhrizal, atau dikenal dengan akun @karetsatu. AR filter Ramadan pertama di Indonesia ini akan dirilis pada 23 April 2020.

Melalui peluncuran ini, Instagram berharap para pengguna bisa tetap mengekspresikan diri, berbagi kebaikan, dan bersilaturahmi secara virtual dengan cara mudah dan menyenangkan.

(Din/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.