Sukses

Pandemi Covid-19, Transaksi Online Dana Mengalami Peningkatan

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat pemerintah menerapkan pembatasan fisik atau sosial di Indonesia sejak pertengahan Maret 2020. Aktivitas yang kebanyakan dilakukan dari rumah tersebut, salah satunya berdampak pada kebiasaan masyarakat menggunakan layanan internet.

Layanan dompet digital Dana, misalnya, mengklaim transaksi online di dalam aplikasinya mengalami peningkatan sejak pertengahan Maret 2020. Sayangnya, pihak Dana enggan merinci angka pasti peningkatan tersebut.

"Transaksi online kami mengalami peningkatan mulai dari pertengahan Maret. Namun, untuk toko-toko offline yang pakai mesin scan Dana memang berdampak, tapi mereka sudah mulai beralih dan kita bantu," jelas VP of Product Dana, Rangga Wiseno, kepada sejumlah media pada Selasa (14/4/2020).

Para pengguna Dana, katanya, paling banyak menggunakan metode pembayaran online untuk transaksi e-commerce, pembelian pulsa, serta pembayaran seperti untuk tagihan listrik. Hal ini terutama di periode penerimaan gaji, atau sekitar tanggal 25 Maret.

"Untuk jumlah naik berapa persen, kami nanti akan cek dulu. Kenaikan itu mulai pertengahan Maret, dan untuk transaksi seperti e-commerce, pulsa, tagihan listrik itu sudah naik, terutama di periode gajian," tuturnya.

2 dari 2 halaman

Program DANA Siap Siaga Covid-19 Diakses 750 Ribu Pengguna

Lebih lanjut, Rangga mengungkapkan mini program Siapa Siaga Covid-19 mendapatkan respons positif dari para pengguna. Tercatat, sebanyak 750 ribu unique users yang mengakses Siap Siapa Covid-19 mulai dari 28 Maret hingga per 9 April 2020.

Mini program ini merupakan upaya Dana dalam membangun kesadaran masyarakat, terutama para pengguna, untuk berjuang melawan pandemi Covid-19. Saluran informasi ini pertama kali dirilis pada 28 Maret 2020. Total 35 juta pengguna Dana bisa mengakses informasi tersebut.

"Kami ingin mengedukasi pasar untuk peduli dengan kejadian ini, termasuk bagaimana trennya, tingkat kematian, dan lainnya. Dari sana, mereka akan peduli dan mulai bertindak untuk saling membantu," ungkap Rangga.

Pada kanal khusus Siap Siaga Covid-19, Dana menyediakan sejumlah fitur yang memungkinkan pengguna untuk peduli terhadap diri sendiri dan lingkungannya. Dalam hal ini termasuk melakukan aksi solidaritas dalam berbagai bentuk.

Berikut informasi yang ada di dalam saluran Siap Siaga Covid-19:

- Mendapatkan akses informasi aktual yang akurat tentang perkembangan penyebaran Covid-19 di Indonesia

- Mendapatkan akses pemberitaan-pemberitaan terkait Covid-19

- Tips-tips bermanfaat tentang bertransaksi nontunai digital aman dan praktis, yang bisa dijadikan panduan selama masa pandemi berlangsung

- Melakukan dignosis mandiri dan bisa diakses melalui layanan hotline Covid-19 (Telp 119, atau Telp (021) 5210-411- Mendapatkan informasi rumah sakit terdekat

- Melakukan donasi dan gotong-royong digital melalui Kitabisa.com, yang bisa diakses melalui aplikasi dompet digital Dana

- Berpartisipasi menggerakkan kembali perekonomian Indonesia dengan membantu program pendataan warung-warung di lingkungan sekitar melalui gerakan #BelanjaDiWarungTetangga.

"Isinya (Siap Siaga Covid-19) tentang berbagai hal soal Covid-19. Mini program siap siaga ini merupakan bentuk kontribusi Dana melawan Covid-19," tutur Rangga.

(Din/Ysl)