Sukses

XL Axiata Siapkan Jaringan di Kawasan Rumah Sakit Darurat Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata mempersiapkan jaringan telekomunikasi di sekitar kawasan Wisma Atlet Kemayoran yang akan dijadikan sebagai Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19.

Langkah ini telah dilakukan mulai pekan lalu, ketika pemerintah menetapkan akan menggunakan tiga tempat untuk RS Darurat Penanganan Covid-19, salah satunya adalah Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

Diungkapkan oleh Plt Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa, begitu pemerintah menetapkan RS Darurat Penanganan Covid-19, XL Axiata langsung melakukan asesmen kesiapan jaringan mereka di kawasan yang dimaksud.

"Pemerintah menetapkan lokasi RS Darurat Covid-19 minggu lalu, saat itu juga kami mengases lokasi, kebetulan kami tidak memiliki infrastruktur di dalam gedung. Namun kami pastikan akses dan kapasitas kami berikan dari luar," tutur Gede, dalam konferensi pers XL Axiata yang digelar secara livestreaming, Senin (23/3/2020).

Gede menambahkan, dengan penambahan akses dan kapasitas dari luar gedung, diharapkan nantinya tenaga kesehatan dan pasien Covid-19 yang dirawat di dalam gedung tetap bisa berkomunikasi dengan nyaman.

"Kami lakukan perbaikan di surrounding (di sekeliling gedung) untuk memastikan orang-orang yang di dalam dapat melakukan interaksi," kata dia.

2 dari 3 halaman

Trafik Data XL Meningkat 15 Persen saat Work From Home

Kegiatan kerja dari rumah (work from home) dan belajar dari rumah membuat trafik data operator XL Axiata meningkat hingga 15 persen ketimbang pekan sebelumnya.

Pada periode yang sama trafik layanan suara meningkat 2 persen dan trafik SMS meningkat 3 persen.

Plt Chief Teknologi Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan, kenaikan trafik data paling tinggi terjadi pada pukul 09.00-12.00 WIB, yakni saat jam kerja.

Gede mengatakan, kenaikan trafik data XL Axiata sepanjang sepekan terakhir didukung oleh penggunaan berbagai aplikasi digital yang membantu pengguna bekerja atau belajar dari rumah. Tak hanya itu, aplikasi streaming dan gim online juga ikut menyumbang kenaikan trafik data XL Axiata.

3 dari 3 halaman

Aplikasi yang Sumbang Lonjakan Data

"Kenaikan trafik paling banyak disumbang oleh layanan data dengan berbagai aplikasi digital," kata Gede dalam acara update jaringan XL Axiata yang disiarkan secara livestreaming, Senin (23/3/2020).

Adapun aplikasi yang paling tinggi kenaikan trafiknya berturut-turut adalah Ruangguru (48 persen), Netflix (46 persen), Facebook (11 persen), WhatsApp (10 persen), dan Mobile Legend (8 persen).

Gede menambahkan, khusus aplikasi-aplikasi yang mendukung bekerja dan belajar dari rumah, selain Ruang Guru, kenaikan trafik tinggi juga terjadi pada Google Classroom 2.354 persen, Brainly 84 persen, Zenius 54 persen, dan Udemy 44 persen.

(Tin/Isk)

Galaxy A51, Si Smartphone Kamera 48MP Harga di Bawah 4,5 Jutaan
Loading
Artikel Selanjutnya
Epson Luncurkan Printer dengan Hasil Cetak Antiair
Artikel Selanjutnya
Rusia Diduga Kembangkan Senjata Siber untuk Serang Perangkat IoT