Sukses

Canon EOS-1D X Mark III Resmi Meluncur di Indonesia, Harganya Rp 110 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Canon melalui pt. Datascrip, baru saja mengumumkan kamera DSLR anyar yang membidik para fotografer profesional, yaitu Canon EOS-1D X Mark III.

Adapun Mark III ini merupakan penerus seri 1D X Mark II yang dirilis pada 2016, dengan peningkatan sensor kamera, prosesor gambar, sistem autofokus, dan kontrol yang baru.

Rencananya, kamera Canon ini akan dijual di Tanah Air dengan harga Rp 110 juta.

"Kehadiran Canon EOS 1D X Mark III menjadi jawaban dari penantian fotografer profesional yang mendambakan kamera dengan kualitas gambar, kecepatan, dan daya tahan di atas rata-rata," ucap Sintra Wong, Asst. Director Canon Marketing Division, pt. Datascrip, saat acara peluncuran di Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Seperti yang sudah diketahui, seri 1D merupakan kamera profesional kelas atas, dan paling sering digunakan untuk memotret di acara pernikahan, studio, dan di alam liar.

Namun kemampuan terbaik kamera ini terlihat ketika digunakan pada acara olahraga atau mengambil momen aksi cepat.

Sintra menyebut, Canon EOS-1D X Mark III dapat memotret hingga 16 frame per detik melalui viewfinder-nya (peningkatan dari Mark II yang 14 frame per detik) atau 20 frame per detik menggunakan live view. Hal ini berkat prosesor terbaru Canon Digic X.

 

2 dari 4 halaman

Hasil Gambar Lebih Tajam

Mengusung sensor kamera beresoulsi 20,1MP baru, serupa dengan chip 20,2MP di Mark II, tetapi Canon mengatakan EOS-1D X Mark III memiliki filter High Detail Low-Pass yang baru.

Dengan demikian, kamera DSLR tersebut mampu memotret gambar lebih tajam. Seperti kamera Canon lainnya, EOS-1D X Mark III memiliki teknologi autofokus Dual Pixel CMOS AF (DAF) yang terpasang di dalamnya.

Berkat teknologi itu, Canon EOS-1D X Mark III mampu mendeteksi 3.869 posisi AF yang dapat dipilih dan 525 area otomatis dalam pemotretan live view. Ini juga memiliki autofokus deteksi mata ketika digunakan dalam live view.

 

3 dari 4 halaman

Video 4K

Untuk pengambilan video, Canon EOS-1D X Mark III mampu merekam file berekstensi RAW hingga 5.5K dan 4K 60p tanpa cropping yang mendukung standar perekaman 4K UHD.

Kamera ini juga dapat digunakan untuk standar produksi industri penyiaran.

"Seperti seri Canon sebelumnya, Mark III sudah mengusung Bluetooth, Wi-Fi, dan GPS, plus port ethernet untuk mentransfer gambar lebih cepat," ucapnya Sintra memungkaskan.

(Ysl/Isk)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Loading