Sukses

Selamat Ulang Tahun ke-10 iPad

iPad yang dirilis 10 tahun lalu memiliki kemampuan untuk terhubung dengan internet dan bisa dioperasikan hanya dengan sentuhan jari.

Liputan6.com, Jakarta - Tepat 10 tahun lalu, pendiri Apple Steve Jobs memperkenalkan iPad. Dia bilang, iPad merupakan perangkat kategori ketiga. Posisinya ada di antara smartphone dan laptop.

Jobs di 2009 memperkenalkan iPad beberapa hari setelah ajang Consumer Electronics Show di Las Vegas selesai. Pada saat itu, Netbook atau laptop berukuran kecil sedang menguasai pasar komputer.

Jobs sempat mengejek netbook. Ia menyebut netbook lambat.

"Mereka lambat, kualitas layarnya rendah, dan menjalankan software lawas. Mereka tidak lebih baik dari laptop. (Netbook) hanya laptop murah," kata Jobs waktu itu, sebagaimana dikutip dari laman The Verge, Selasa (28/1/2020).

Apple pun kemudian merilis iPad pertamanya yang memiliki layar 9,7 inci. iPad yang dirilis 10 tahun lalu memiliki kemampuan untuk terhubung dengan internet dan bisa dioperasikan hanya dengan sentuhan jari.

Jobs sesumbar menyebut iPad merupakan perangkat dengan "pengalaman browsing terbaik yang pernah ada".

iPad yang dirilis pada 2010, dirancang untuk menghadirkan kemampuan lebih baik di bidang browsing, email, foto, video, musik, gim, dan ebook.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

iPad Sempat Dicemooh

Kehadiran iPad pun menantang pasar laptop kecil (netbook) bahkan sistem operasi Windows.

Meski begitu, saat baru dirilis, iPad malah dapat cemooh. Bahkan, sejumlah analis memperkirakan iPad akan gagal sebelum diumumkan.

The Verge mencatat, Apple telah menjual 300 ribu unit iPad pada penjualan perdananya. Dalam dua bulan, telah terjual 2 juta unit iPad. Kemudian, secara total pada 2010 Apple telah menjual 7,5 juta unit iPad.

Angka ini terus naik, pada 2011 penjualan iPad mencapai 32,4 juta unit. Kemudian pada 2012 ada 58,3 juta iPad terjual. Lalu di tahun 2013 ada 71 juta iPad yang terjual. Puncaknya, Apple telah menjual 350 juta unit iPad hingga 2013.

3 dari 3 halaman

Ikuti iPad, Semua Rilis Produk Tablet

Gara-gara Apple meirilis iPad, Microsoft bahkan memperkenalkan UI yang ramai layar sentuh di Windows 8 pada Oktober 2012.

Windows juga memperkenalkan tablet Surface mereka, untuk bersaing dengan iPad. Microsoft lalu merilis Windows 10 yang menghadirkan pengalaman terbaik untuk perangkat layar sentuh.

Trend tablet ini diikuti oleh vendor teknologi lainnya, misalnya Samsung meluncurkan perangkat Galaxy Note series dan tablet, dua tahun setelah iPad dirilis. Amazon juga ikut merilis lini tablet Fire yang menekankan pada harga murah.

Seiring waktu, iPad juga hadir dalam versi layar lebih kecil atau iPad mini. Apple juga menghadirkan iPad OS, sistem operasi untuk iPad yang memungkinkan iPad bekerja dengan kemampuan seperti komputer atau laptop. iPad pun makin canggih di usianya ke-10.

Selamat ulang tahun ke-10, iPad!

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.