Sukses

Pendiri Snapchat: TikTok Bisa Gulingkan Instagram

Pendiri Snapchat Evan Spiegel mengatakan TikTok berpotensi untuk menyalip Instagram sebagai aplikasi media sosial terbesar ketiga di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Snapchat Evan Spiegel mengatakan TikTok berpotensi untuk menyalip Instagram sebagai aplikasi media sosial terbesar ketiga di dunia.

Dalam obrolan di Digital Life Design, Spiegel bahkan menyebut, dirinya adalah fans berat TikTok.

"Saya cinta TikTok. Saya adalah fans berat TikTok," kata Spiegel, dikutip Tekno Liputan6.com dari The Next Web, Rabu (22/1/2020).

Suami Miranda Kerr ini mengatakan media sosial dalam konstruksinya adalah tentang status.

"Media sosial merepresentasikan kita, menunjukkan ke orang-orang, bahwa mereka keren, mendapatkan likes dan komentar, dan hal-hal semacam itu," kata Spiegel.

Spiegel mengatakan, para pengguna membuat konten di TikTok untuk memperlihatkan talenta, bukannya status sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

TikTok Bukan Sekadar Pamer Status

 "Orang-orang menghabiskan beberapa jam untuk belajar tarian baru atau memikirkan mengenai cara baru bercerita hal yang lucu, mereka ingin menghibur orang lain," kata Spiegel.

Menurut Spiegel, hal-hal di ataslah bisa jadi kunci untuk melampaui Instagram. "Saya rasa hal ini sangat mungkin karena konten berbasis talenta jelas lebih menarik dibandingkan konten berbasis status," kata Spiegel.

Kini, Instagram tengah membendung tren tersebut, salah satunya dengan menghapus jumlah likes demi membentuk lingkungan yang mengapresiasi konten, bukan hanya selebgramnya.

3 dari 3 halaman

TikTok Paling Banyak Diunduh

Sekadar informasi, TikTok melampaui Instagram sebagai aplikasi media sosial yang paling banyak diunduh di 2019. Parahnya, pertumbuhan Instagram hanya single digit, untuk pertama kalinya sejak dirilis tahun 2010.

Kini, Instagram dan TikTok sama-sama punya jumlah pengguna aktif yang cukup banyak, lebih dari 1 miliar pengguna.

Sementara, Snapchat memiliki 210 juta pengguna aktif harian per akhir 2019.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.