Sukses

Transaksi Nontunai DANA Makin Mudah dengan QRIS, Apa Itu?

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi dompet digital DANA kini telah menerapkan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).

Dengan QRIS, pengguna kini bisa bertransaksi menggunakan DANA di semua merchant yang telah menerapkan kode QR bertanda QRIS.

CEO dan Co-Founder DANA Vincent Iswara optimistis, implementasi QRIS pada DANA akan berdampak positif dalam mempercepat inklusi keuangan digital dan budaya transaksi nontunai di Indonesia.

Sekadar informasi, QRIS sebagai Kode QR standar nasional ditetapkan oleh Bank Indonesia. Dengan demikian, Indonesia hanya membutuhkan satu QR untuk semua pembayaran.

“Kami percaya dengan penerapan QRIS, ekonomi digital nasional akan meningkat karena lebih efisien dan produktif, serta membantu inklusi finansial digital,” kata Vincent, dalam keterangan resmi DANA yang diterima Liputan6.com, Jumat (10/1/2020).

Vincent menambahkan, aplikasi DANA sudah memiliki fitur pemindai yang bisa menyecan kode QRIS.

Selain itu, perangkat-perangkat DANA yang terpasang di berbagai mitra merchant juga telah mengadopsi QRIS.

"Dengan begitu, baik pengguna maupun mitra merchant DANA telah siap melakukan transaksi menggunakan DANA QRIS,” ujarnya.

2 dari 3 halaman

Untungkan Pengguna dan Pelaku Bisnis

Vincent mengatakan, penerapan DANA QRIS juga membuka peluang yang makin besar dalam mengedukasi masyarakat akan manfaat bertransaksi nontunai. Masyarakat juga akan dapat merasakan nyamannya menggunakan DANA.

Penerapan DANA QRIS sangat menguntungkan pengguna dompet digital dan merchant. Pasalnya, adanya QRIS bisa memperluas akses dan efisiensi transaksi melalui satu kode QR yang dapat dibaca oleh beragam aplikasi pembayaran digital QRIS.

“Dengan adanya DANA QRIS, pelaku usaha maupun puluhan jutaan pengguna dompet digital DANA bisa merasakan DANA QRIS yang praktis, mudah dan aman,” kata Vincent.

Bagi pengguna DANA, tidak ada perbedaan cara bertransaksi dengan DANA QRIS menggunakan aplikasi dompet digital DANA.

Pengguna DANA cukup melakukan scan QRIS yang tersedia di merchant-merchant yang memiliki QRIS, lalu memilih sumber dana untuk pembayaran.

Sementara non-pengguna DANA cukup membuka aplikasi pembayaran yang mereka gunakan, lalu melakukan pemindaian DANA QRIS yang tersedia di merchant DANA.

3 dari 3 halaman

Transaksi Praktis

DANA QRIS juga bisa menjadi jembatan bagi masyarakat untuk mengenal dompet digital, melalui penggunaan DANA di tiap transaksi digital yang mereka lakukan.

Pengguna juga bisa merasakan kepraktisan transaksi dengan dompet digital tanpa perlu top up saldo.

Pengguna DANA bisa langsung menggunakan sumber dana dari Kartu Debit atau Kartu Kredit yang tersimpan pada dompet digital DANA berkat fitur penyimpanan kartu (Card Binding).

"Jaminan proteksi 100 persen bagi pengguna DANA juga kami harapkan akan makin menguatkan kepercayaan dan rasa aman dalam menjalankan setiap transaksi,” kata Vincent.

(Tin/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Dompet Digital Makin Populer di 2020, Ini Keuntungan Aktif Pakai DANA
Artikel Selanjutnya
6 Tagihan yang Bisa Kamu Hemat Jika Aktif Pakai DANA