Sukses

Netflix Rilis Paket Berlangganan untuk Smartphone dan Tablet, Harganya Rp 49 Ribu

Liputan6.com, Jakarta - Setelah melakukan uji coba terhadap paket berlangganan khusus perangkat mobile, Netflix akhirnya merilis paket berlangganan khusus smartphone dan tablet di Indonesia (Paket Ponsel).

Paket berlangganan untuk perangkat mobile ini dibanderol Rp 49 ribu per bulannya. Dengan begitu, para pelanggan Netflix yang tadinya langganan paket Basic (Rp 109 ribu) untuk menonton di smartphone dan tablet, kini bisa beralih ke paket ini.

Kehadiran paket berlangganan Netflix khusus untuk perangkat mobile (Paket Ponsel) ini juga tidak terlepas dari kebiasaan pengguna internet Indonesia yang sebagian besar mengakses dari perangkat smartphone mereka.

Mengutip data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), 93 persen dari total pengguna internet Indonesia yang berjumlah 170 juta jiwa, mengakses internet dari smartphone.

 

Netflix menghadirkan opsi berlangganan Paket Ponsel khusus untuk pengguna smartphone dan tablet di Indonesia (Foto: Netflix)

Communications Manager Netflix, Kooswardini Wulandari, mengatakan, Mobile Plan atau Paket Ponsel merupakan paket keempat Netflix di Indonesia, sebagai opsi tambahan dari paket Basic (Rp 109 ribu), Standard (Rp 139 ribu), dan Premium (Rp 169 ribu).

"Paket Ponsel ini Rp 49 ribu per bulan, setengah dari harga Paket Basic yang Rp 109 ribu. Seperti paket lainnya, pengguna bisa mendapatkan semua akses dan fitur, tetapi penggunaannya hanya bisa di tablet dan smartphone," kata Kooswardini di Jakarta, Rabu (11/12/2019).

2 dari 4 halaman

Kualitas SD

Kooswardini mengatakan, kualitas konten yang ditawarkan untuk paket Ponsel adalah Standard Definition (SD) yang memang sudah mencukupi bagi pengguna perangkat mobile.

Ia menambahkan, Indonesia adalah negara yang pengguna internetnya banyak mengakses dari mobile. Oleh karenanya, Netflix ingin menghadirkan pengalaman mobile first. Selain di Indonesia, Netflix menghadirkan Paket Ponsel di Malaysia dan India.

Menurut data Netflix, konsumsi menonton Netflix (screen time) lewat mobile di Indonesia dua kali lebih besar dibandingkan dengan rata-rata penonton Netflix mobile di global.

"Untuk itu kami yakin, paket Ponsel akan memudahkan konsumen di Indonesia untuk mengakses Netflix," katanya.

3 dari 4 halaman

Berbagai Fitur di Paket Ponsel

Disebutkan Kooswardini, Netflix meningkatkan pengalaman dalam menonton film melalui smartphone dan tablet dengan menambah sejumlah fitur.

Misalnya saja kehadiran fitur Smart Download. Fitur ini memungkinkan pengguna mobile untuk bisa menonton film atau serial favorit secara offline karena sudah mengunduhnya terlebih dahulu.

Pengguna juga bisa mendapatkan pengalaman alih Bahasa Indonesia. Tidak hanya itu, kini pengguna bisa membagikan rekomendasi tontonan mereka ke media sosial langsung dari Netflix. Dengan demikian, pengguna tak perlu lagi mengunduh poster film di Netflix untuk dibagikan ke Instagram.

Netflix juga memberikan kontrol terhadap pilihan tontonan pengguna lewat fitur seperti Profil (pengguna dapat memilih hingga 5 profil).

Kooswardini menambahkan, Netflix juga memiliki fitur Parental Control untuk membatasi tontonan bagi anak-anak.

"Semua fitur yang ada di paket lainnya, ada juga di Paket Ponsel ini," tutur Kooswardini.

4 dari 4 halaman

Cara Daftar

Pengguna yang ingin berlangganan Netflix lewat Paket Ponsel bisa mengunduh aplikasi Netflix di smartphone atau tablet mereka.

Selanjutnya saat sign up, mereka bisa memilih Paket Ponsel dengan biaya langganan Rp 49 ribu per bulan.

Pelanggan baru berhak mendapatkan masa trial atau uji selama sebulan, kemudian akan dilanjutkan dengan berlangganan.

Untuk pengguna yang ingin beralih ke Paket Ponsel, mereka bisa mengubah paket berlangganan menjadi Paket Ponsel lewat website Netflix.com.

(Tin/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Atypical, Perjuangan Sam Penyandang Spektrum Autisme Mencari Cinta
Artikel Selanjutnya
Viral di Media Sosial, MUI Bantah Soal Fatwa Haram Netflix