Sukses

Microsoft Siap Tantang PS5 Lewat Xbox Scarlett

Liputan6.com, Jakarta - Rivalitas antara Microsoft dan Sony di konsol gim akan semakin ketat pada tahun depan. Kedua perusahaan tersebut akan sama-sama meluncurkan konsol terbaru besutannya.

Menanggapi kondisi tersebut, Microsoft ternyata sudah menyiapkan strategi melawan Sony PS5. Salah satu yang menjadi perhatian adalah performa konsol dan harga yang ditawarkan Xbox.

Dikutip dari Daily Star, Selasa (3/12/2019), generasi terkini Xbox dianggap belum dapat menyaingi PS4 di pasaran. Alasannya, konsol itu memiliki harga lebih mahal, tapi tidak memiliki performa mumpuni.

"Harga dan performa merupakan hal penting dan kami sangat berfokus pada dua hal tersebut," tutur Head of Xbox Phil Spencer dalam wawancara dengan Eurogamer.

Maka dari itu, Spencer mengatakan seluruh tim di Xbox berkomitmen untuk membangun fondasi kuat di tengah rivalitas dengan PS5. "Project Scarlett merupakan sesuatu yang paling penting kami lakukan tahun depan," tuturnya.

Spencer pun mengatakan akan melanjutkan berinvestasi di cloud sebab memungkinkan lebih banyak orang merasakan pengalaman bermain Xbox. Oleh sebab itu, Xbox Scarlett nantinya akan didukung dengan ekosistem Xbox, seperti Xbox All Access.

Perlu diketahui, Xbox Scarlett merupakan proyek konsol terbaru dari Xbox dan sudah diketahui keberadaannya pada beberapa bulan terakhir. Rencananya, Scarlett akan diluncurkan pada musim liburan tahun depan.

2 dari 3 halaman

Microsoft Ungkap Project Scarlett, Konsol Baru Xbox yang Dukung 8K

Perlu diketahui, pertengahan tahun ini, Microsoft akhirnya mengungkap konsol terbaru mereka yang memiliki kode nama Project Scarlett.

Diumumkan pada Electronic Entertainment Expo atau yang lebih dikenal dengan E3, Project Scarlett digadang bakal memiliki performa lebih tinggi ketimbang konsol gim yang ada di pasaran saat ini.

Dikutip dari laman The Verge, Microsoft menanamkan CPU yang dirancang khusus berdasarkan arsitektur AMD Zen 2 dan Radeon RDNA, dibantu dengan RAM GDDR6.

Perusahaan rintisan Bill Gates tersebut menyebutkan, konsol baru yang bakal meluncur 2020 ini akan memiliki performa empat kali lebih kuat daripada Xbox One X.

Microsoft menyebutkan, konsol Project Scarlett bakal mendukung gim 8K, framerate hingga 120fps, dan ray-tracing.

3 dari 3 halaman

Performa 40x Lebih Cepat

Lebih lanjut, perusahaan menggunakan media penyimpanan SSD buatan mereka sendiri di konsol barunya ini.

"Kami telah menciptakan generasi baru SSD, dan menggunakannya sebagai RAM virtual," kata juru bicara Xbox saat presentasi di E3 2019.

Dengan hardware yang tertanam, konsol baru Xbox ini akan memiliki performa 40x lebih tinggi dari generasi saat ini.

(Dam/Why)

Loading
Artikel Selanjutnya
Wanita Ini Turunkan Berat Badan hingga 63 Kg dengan Bantuan Game Xbox
Artikel Selanjutnya
15-11-2001: Microsoft Rilis Konsol Gim Xbox, Jadi 'Raja' Dunia Teknologi Hiburan