Sukses

35 Persen Penjualan Online di Indonesia Didominasi Perempuan

Liputan6.com, Jakarta - Di Indonesia, penjualan perdagangan online diperkirakan akan tumbuh hingga delapan kali lipat, dengan perdagangan elektronik formal mencapai USD 40 miliar dan perdagangan sosial hingga USD 25 miliar pada 2022, dengan nilai total hingga USD 65 miliar.

30 persen dari transaksi tersebut adalah baru dan tidak akan terjadi jika bukan karena perdangangan online. Selain itu perdagangan online juga diperkirakan akan menciptakan peluang usaha yang setara dengan 26 juta lowongan kerja di tahun 2022.

Selain meningkatkan pendapatan, perdagangan online dapat memiliki dampak sosial yang lebih luas. Contohnya, 35 persen penjualan online dihasilkan oleh perempuan dan membantu penghematan 11 hingga 25 persen untuk pelanggan di luar Jawa.

Dengan pertumbuhan luar biasa ini para pedagang dan distributor mulai memanfaatkan teknologi canggih agar dapat memenuhi tuntutan konsumen terkait pengiriman barang, seperti jadwal pengiriman yang lebih cepat dan biaya pengiriman barang lebih rendah.

Dalam hal ini Honeywell membantu pemeran industri dengan menggunakan teknologi yang tepat dengan serangkaian solusi cerdas yang mampu memfasilitasi gudang dan rantai pasokan yang terhubung.

"Dengan demikian operator dapat menerima, menyimpan, dan mengirimkan barang-barang dengan cepat dan akurat menggunakan sistem, perangkat lunak dan keras yang canggih, didukung dengan sistim kecerdasan buatan dan teknologi komputer seluler,” kata Roy Kosasih, Presiden Honeywell Indonesia melalui keterangannya, Jumat (22/11/2019).

 

2 dari 3 halaman

Solusi Ritel

Mulai dari etalase toko hingga ke gudang, ia melanjutkan, solusi Honeywell ritel fokus agar karyawan dapat selalu menangani barang dagangan dan menggunakan aset dengan cepat, tepat, akurat dan efisien.

Pelaku industri dapat selalu terhubung dengan pedangan lainnya dan pelanggan mereka hingga stok barang selalu diketahui, pemesanan berjalan secara otomatis dan setiap tahapan logistik dan serta proses perdagangan berjalan mulus tanpa hambatan.

"Hal ini dapat dilakukan berkat perangkat lunak dan solusi komprehensif yang dikembangkan oleh insinyur-insinyur Honeywell," kata Roy di forum 'How E-Commerce Transforming Today’s Supply Chain'.

Selain itu, perusahaan ritel, e-commerce dan para pedagang juga bisa menggunakan teknologi Mobility Edge berbasis Android 11 yang diklaim sudah terbukti dipenjuru dunia.

 

3 dari 3 halaman

Distribution Center

Honeywell juga memiliki pengalaman teruji dalam membantu pusat distribusi terhubung (Distribution Center/DC) untuk merampingkan dan menyederhanakan operasional e-commerce yang kompleks.

Honeywell Warehouse Management System menyatukan peralatan otomatis, alur kerja, pesanan, dan tenaga kerja dalam platform terpadu agar operator pusat selalu dapat melihat setiap langkah secara real-time hingga efisiensi dapat selalu dijaga.

Sistim ini mengelola setiap tahan operasional e-commerce, termasuk stok opnam toko dan pusat distribusi grosir secara efisien, tepat dan akurat.

(Isk/Why)

Loading
Artikel Selanjutnya
Didi Kempot Jadi Brand Ambassador untuk Shopee
Artikel Selanjutnya
Xiaomi Hadirkan ShareSave, Platform E-commerce Lintas Batas